Biak (ANTARA) - Sebanyak 26 masjid di Kabupaten Biak Numfor, Papua selama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah menyediakan makanan takjil buka puasa untuk membantu umat Islam dalam memenuhi kebutuhan berbuka puasa secara gratis.

Dari pantauan di Masjid Agung Baiturahman Biak, Senin, terlihat seratusan jemaah muslim sedang menikmati sajian takjil berupa minuman dan beragam jenis makanan ringan.

"Penyediaan takjil buka puasa gratis di masjid sangat membantu warga muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa,"ungkap Antoni, warga muslim yang menikmati takjil buka puasa di masjid agung.

Ia mengakui, dengan adanya menu takjil berupa kue dan minuman maka para jemaah yang ingin membatalkan puasanya tidak lagi harus pulang ke rumah tetapi dapat menikmati takjil di masjid setempat.

Hal senada diakui jemaah masji lain Nurmiyadi yang mengatakan penyediaan takjil buka puasa berupa makanan dan minuman sangat membantu jemaah masjid dalam memenuhi kebutuhan makanan untuk berbuka puasa.

"Informasi setiap hari selama bulan Ramadhan pengurus takmir masjid Agung menyediakan makanan takjil buka puasa untuk jemaah Muslim di kota Biak," ujarnya.

Sementara itu, salah satu Ketua Takmir Masjid Almukminin Biak Imam Mujtahid mengatakan penyediaan takjil buka puasa merupakan kegiatan rutin disediakan takmir masjid.

"Beragama jenis makanan dan minuman untuk takjil buka puasa merupakan sumbangan dari para jemaah masjid yang diberikan secara bergiliran setiap hari," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya penyediaan takjir makanan buka puasa dapat membantu mempermudah jemaah untuk memperoleh menu buka puasa.

Berdasarkan data masjid lain yang juga menyediakan takjil buka puasa diantaranya Masjid Alhafizd Polres, Masjid Babussalam pasar lama, Masjid Darussalam Mandala, Masjid Aqidal Muttaqin dan Masjid Al Ikhlas.

Serta Masjid alhuda Dolog, Masjid Syuhada Angkasa, Masjid Babburahmah Perumnas Sumberker, Masjid Baittun Nur, Masjid Annur serta beberapa mushala di kota Biak juga ikut menyediakan takjil gratis selama bulan Ramadhan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024