Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI AL  (Lantamal) VI menggelar Safari Ramadhan 1440 Hijriyah yang dirangkaikan dengan bakti sosial di tiga pulau di Sulawesi Selatan.

"Safari Ramadhan yang kita gelar juga kami rangkaikan dengan bakti sosial di tiga pulau. Jadi semuanya jalan," ujar Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan bakti sosial dan Safari Ramadhan digelar serentak dilakukan di tiga pulau besar, yakni Kodingareng, Bonetambu dan Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarang, Makassar.

Dia menyatakan terpilihnya Pulau Kodingareng, Barrang Lompo dan Bonetambu sebagai sasaran baksos dan Safari Ramadhan karena wilayah itu memiliki posisi yang sangat strategis, terutama dilihat dari sistem pertahanan negara.

"Kita memiliki banyak pulau, tetapi ada beberapa pertimbangan kenapa ketiganya dipilih. Selain posisinya yang strategis, penduduknya yang banyak juga jadi pertimbangan," katanya.

Saat membuka acara bakti sosial dan Safari Ramadhan di Pulau Kodingareng itu Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono secara simbolis membagikan paket sembako kepada 695 kepala keluarga (KK).

Selain menyerahkan bantuan kebutuhan pokok, pihaknya juga memberikan 100 tempat sampah untuk mendukung dan mengampanyekan program "Daeng STOP Kotori Laut" serta pemberian tali asih kepada 10 siswa berprestasi dan baca Alquran.

Laksma TNI Dwi Sulaksono mengajak masyarakat pesisir dan warga pulau untuk peduli dan terus memelopori upaya menjaga kebersihan dan kelestarian laut dengan ditandai penyerahan tempat sampah secara simbolis.

"Kami ada program 'Stop Kotori Laut'. Kami ingin program ini dijalankan terus agar perairan kita bebas dari sampah, baik itu plastik maupun sampah lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan berbagai kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kemanunggalan TNI, Polri, pemerintah dan organisasi sosial kemasyarakatan serta dunia usaha dengan masyarakat sehingga tetap bersinergi dalam upaya mempertahankan NKRI dan menciptakan keamanan negara. (*)

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024