Semarang (ANTARA) - Puluhan pemudik dengan berbagai daerah tujuan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tiap 1 Juni yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di halaman kantor Gubernur Jateng, Semarang, Sabtu.

Para pemudik yang ikut upacara Hari Lahir Pancasila tersebut merupakan peserta mudik gratis ke beberapa daerah di luar Provinsi Jateng yang digelar oleh PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah.

Selain peserta mudik gratis dan aparatur sipil negara (ASN), tiga staf Kementerian Dalam Negeri juga tampak mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono membenarkan bahwa upacara Hari Lahir Pancasila di halaman kantor gubernur diikuti oleh sejumlah pemudik.

"Tadi upacara diikuti teman-teman yang mau mudik, termasuk dari Forkopimda, teman-teman yang melintas di Semarang yang tidak sempat ikut upacara di tempat asalnya," katanya.

Sekda menyebutkan ketiga staf Kemendagri sudah menyampaikan surat pemberitahuan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Semarang.

Terkait dengan Hari Lahir Pancasila, Sekda menegaskan bahwa Pancasila tidak perlu lagi didiskusikan, melainkan harus diamalkan dan dilaksanakan.

"Perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebhinekaan itu Pancasila," ujarnya.
 

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024