Mamuju (ANTARA) - Para pegawai lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Barat  memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila itu, dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulbar Harun Sulianto dengan membacakan sambutan tertulis Pelaksana Tugas Kepala BPIP Hariyono.

Dalam sambutan tersebut  mengatakan bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan, makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air  Indonesia.

"Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia," katanya.  

Ditambahkan bahwa Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan  

"Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah lanjutnya, diperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional

Peringatan Hari Lahir Pancasila  pada 1 Juni, bukan hal yang terpisah dari momentum Piagam Jakarta oleh panitia kecil para tanggal 22 Juni 1945 dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

Upacara peringatan tersebut dihadiri para kepala divisi dan kepala UPT serta jajaran pegawai di lingkup Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulbar. Para pegawai lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM saat mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila, di Mamuju, Sabtu (6/1). (Foto Humas Kemenkum HAM Sulbar)

Pewarta : Amirullah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024