Makassar (ANTARA) - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Makassar, Dahyal menyampaikan, PJ Wali Kota Makassar Muh Iqbal Samad Suhaeb bersama Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah akan melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di Lapangan Karebosi Makassar.

"Bapak PJ Wali Kota, gubernur, forkopimda kota dan provinsi hingga Ketua DPRD Kota Makassar rencananya akan lebaran di lapangan Karebosi," ungkap Dahyal melalui sambungan Whatsapp di Makassar, Selasa.

Dahyal mengemukakan, khatib sholat ied pada perayaan Idul Fitri tahun ini ialah Prof H Hamdan Yunannis. MA. PhD yang akan membawakan tema ceramah yang bertajuk Idul Fitri Momentum memperkuat Bangsa.

"Sementara yang akan menjadi imam sholat Ied insyaallah bapak Drs H Syarifuddin Usman. Beliau merupakan qari nasional," katanya.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulsel, Devo Khadavi yang mengatakan, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama keluarga akan melaksanakan sholat Ied di Lapangan Karebosi.

"Kalau Gubernur Sulsel di Lapangan Karebosi Makassar, tetapi Wakil Gubernur sholat Ied di Kabupaten Takalar," ucapnya.

Mengawal lancarnya pelaksanaan sholat Ied tersebut, Pemerintah Kota Makassar menyiapkan sedikitnya 400 personel dari berbagai pihak keamanan mulai dari Polrestabes, Kodim dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Selain itu, turut mengamankan arus lalu lintas dari Dinas Perhubungan Kota Makassar. Untuk menjaga kebersihan setempat, juga dikerahkan satuan tugas kebersihan Kecamatan Ujung Pandang, sesuai wilayah kerjanya.

"Kami imbau kepada seluruh warga usai sholat Ied agar mengangkat masing-masing koran alasnya dan membuang ke tempat yang telah kami sediakan," tambah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Rusmayani Madjid.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024