Makassar (ANTARA) - Sebanyak 450 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Gowa embarkasi Makassar dijadwalkan akan bertolak ke Madinah Arab Saudi pada pukul 07.15 WITA, 9 Juli besok. Sehingga ratusan jamaah tersebut diminta bersiap ke Bandara Hasanuddin pada subuh hari sekitar pukul 04.00 WITA.

"Kami disuruh siap-siap subuh dan berangkat pagi," ungkap Sama', seorang jamaah asal Desa Majannang Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa yang ditemui di Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa.

Sebelumnya, pelepasan kloter 5 dari Kabupaten Gowa tersebut juga telah dilakukan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni di Masjid Quba Asrama Haji Sudiang.

Dalam sambutannya, Abd Rauf juga mengemukakan bahwa pelepasan jemaah calon haji yang dilakukan hari itu merupakan jemaah dengan pemberangkatan pertama dari Kabupaten Gowa yang akan diberangkatkan esok hari.

"Pelepasan hari ini adalah sebuah rangkaian akhir sebelum meninggalkan tanah air. Olehnya itu, diharapkan kepada seluruh Jemaah agar dapat mengecek kembali seluruh perlengkapan yang diperlukan dalam upaya kelancaran pelaksanaan ibadah haji," ungkapnya.

Tahun ini, jumlah JCH Kabupaten Gowa yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah sebanyak 639 Jemaah yang tergabung dalam tiga kloter, yaitu kloter 5, kloter 22 dan kloter 40.

Kloter 5 berjumlah 450 JCH, kloter 22 yang akan diberangkatkan pada tanggal 23 Juli 2019 sebanyak 59 jemaah, dan kloter 40 dijadwalkan berangkat pada 4 Agustus mendatang sebanyak 130 Jemaah.

Kepada seluruh JCH Kabupaten Gowa diminta senantiasa memperhatikan semua ketentuan peraturan dalam pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan manasik haji yang telah dipelajari dan dipahami.

"Terus jalin komunikasi yang baik dengan para petugas dan pendamping JCH di kloter 5 agar permasalahan yang muncul dapat diberikan solusi layanan yang baik," pesan Kr Kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Tak hanya itu, hal paling penting yang harus diperhatikan oleh JCH adalah menjaga kesehatan diri, memelihara persatuan dan kesatuan, serta keutuhan dan kekompakan regu.

Sementara, Kabag TU Kantor Wilayah Provinsi Sulsel, Abdul Wahid menyampaikan selamat datang kepada seluruh Jemaah Calon Haji Kabupaten Gowa di Asrama Haji Sudiang.

"Kehadiran jemaah di sini sebagai tahap finalisasi kesiapan JCH sebelum diberangkatkan, mulai dari persiapan fisik, kesehatan hingga perlengkapan yang akan digunakan," katanya.

Dirinya pun berharap semoga Ibadah haji yang dikerjakan tahun ini bernilai ibadah disisi Allah SWT dan menjadi haji Mabrur. Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni saat melepas 450 JCH dari kloter 5 embarkasi Hasanuddin di Masjid Quba Asrama Haji Sudiang. ANTARA Foto/HO/Humas Gowa

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024