Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan menganggarkan renovasi Bumi Perkemahan Pramuka atau Lapangan Cadika di Kelurahan Pabentengan, Kecamatan Bajeng melalui Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) 2020.

"Pembenahan Bumi Perkemahan Cadika ini adalah janji saya kepada kakak-kakak Pramuka semuanya. Mohon doa dan dukungannya," ujar Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada penutupan Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka di Rumah Jabatan Bupati Gowa, Sabtu.

Renovasi Bumi Perkemahan Cadika Gowa ini dilakukan agar terus memotivasi gerakan pramuka, khususnya di Kabupaten Gowa dalam membentuk generasi-generasi muda yang unggul.



Selain itu, wilayah tersebut akan dibangun kantor atau sekretariat Pramuka Kwatir Cabang Kabupaten Gowa. "Renovasi ini dilakukan agar ke depan seluruh aktivitas kepramukaan di Sulsel khususnya di Kabupaten Gowa dapat bernaung di Lapangan Cadika," ujar Adnan.

Menurut dia, memajukan Gerakan Pramuka adalah tanggung jawab besar yang memang harus dilakukan sebab pembentukan karakter yang baik itu telah diajarkan pada gerakan Pramuka.

"Dalam gerakan Pramuka kita diajarkan bagaimana bisa bersama-sama. Mulai dari duduk, makan, bahkan mandi bersama-sama. Kita juga dapat tahu bagaimana karakter teman-teman kita dari kebersamaan ini," terangnya.

Melalui organisasi Pramuka dianggap sangat mudah membangun sumber daya manusia yang unggul berlandaskan iman dan takwa.

Sementara, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengatakan, gerakan Pramuka juga merupakan organisasi yang dapat melahirkan kader-kader terbaik bagi Indonesia dengan menunjukkan dedikasi dan pengabdiannya bagi pembangunan daerah hingga bangsa.

"Banyak kita lihat tokoh bangsa dan putra-putri terbaik negara ini yang lahir dari organisasi Pramuka. Karena memang anggota Pramuka diharapkan memiliki semangat, niat yang tulus untuk berbuat sesuatu sekecil apapun itu bagi negeri," tambahnya.
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024