Makassar (ANTARA) - Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gowa,  Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan mengatakan perkemahan Cadika akan dibuat menjadi miniatur perkemahan Cibubur melalui target revitalisasi tahun 2020.

"Bahkan ini bisa dijadikan lokasi jambore tingkat provinsi. Makanya untuk desain Bumi Perkemahan Cadika ini akan dibuat seperti miniatur Bumi Perkemahan Cibubur," ucap Adnan pada rapat perdana dan silaturahmi sesama pengurus Kwartir Cabang di Baruga Tinggi Mae, Sabtu.

Renovasi Bumi Perkemahan Pramuka Cadika yang berlokasi di Kelurahan Pabentengan, Kecamatan Bajeng ini akan dilakukan melalui alokasi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Gowa 2020.

"Kami harap Bumi Perkemahan Cadika ke depannya bisa menjadi tempat yang lebih representatif dalam melaksanakan seluruh program-program Pramuka. Makanya ini menjadi target kita ke depannya," katanya.

Bumi Perkemahan Cadika menjadi harapan besar bagi Pemkab Gowa sehingga revitalisasinya akan dikemas dengan baik agar dapat dilirik oleh kwartir-kwartir cabang lain di Sulawesi Selatan mengawal kegiatan kepramukaan.

Adnan mengungkapkan, jika Bumi Perkemahan Cadika dapat dikelola secara baik maka ke depan bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi Pemkab Gowa. Minimal dapat membiayai seluruh operasionalnya sendiri.

Oleh karena itu, Adnan menyampaikan akan mengajak seluruh sekolah untuk memisatkan kegiatan kepramukaan di perkemahan Cadika. "Makanya harus diaktifkan kegiatan Pramuka di sekolah, apalagi dalam Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) itu ada dana khusus kepramukaan," tegas Bupati Gowa ini.

Renovasi Bumi Perkemahan Cadika ini akan dilakukan secara bertahap dengan melihat kondisi anggaran terlebih dahulu. Sehingga renovasi yang akan dilakukan terlebih dahulu dengan melihat hal-hal prioritasnya.

"Yang paling penting itu adalah renovasi kantor sekretaris, ruangan untuk dilakukan pelatihan ataupun kepanduan dan kamar mandinya," tutupnya.

Sementara, Sekretaris Kwartir Pramuka Cabang Gowa, Syarir Rajab menyampaikan terimakasih atas rencana ketua kwartir untuk mengalokasikan anggaran pembenahan Bumi Perkemahan Cadika Limbung sebagai tempat pendidikan pramuka yang representatif.

"Rencananya akan dilengkapi dengan sarana-sarana pendidikan yang layak dan mudah-mudahan ini bisa menjadi rujukan tempat pendidikan pramuka. Jadi selain balai diklat juga lokasi perkemahan," katanya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024