Bandarlampung (ANTARA) - Provinsi Lampung menargetkan masuk lima besar pada Olympic Ahmad Dahlan (OlympicAD) ke- VI Tahun 2019 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Lampung mengirimkan 819 peserta, secara kuantitatif kita sudah bisa mengembangkan, tetapi secara kualitatif kita berusaha untuk mencapai lima besar," kata Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Lampung, Marzuki Noor, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan dalam mempersiapkan kontingen Lampung mengikuti ajang nasional tersebut, setiap Majelis Dikdasmen kabupaten/Kota melakukan kegiatan yang menjadi bagian inti atau target yang diharapkan.

"Jadi persiapan mana yang menjadi target inti yang kita harapkan bisa berprestasi karena itu di dalam proses pembelajaran dan sekaligus dalam pelatihan khusus, menjadi program kita. Ini juga merupakan kegiatan yang memang sudah rutin setiap dua tahun, jadi bukan hanya karena mau meraih kejuaraan tetapi sudah menjadi proses berbudaya mutu," ujarnya.

Marzuki menjelaskan bahwa tahun ini Provinsi Lampung mampu melampaui peserta terbanyak pada OlympicAD tahun 2017 yakni dari Jawa Tengah sebanyak 600 peserta dan pada tahun itu Provinsi Lampung menjadi tuan rumah.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan OlympicAD ke- VI Tahun 2019 ini memiliki peranan penting dan strategis dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang pendidikan.

Selain itu, meIaIui olimpiade ini dapat dijadikan ajang untuk mengukur kemampuan siswa sekolah Muhammadiyah untuk bersaing dengan siswa Iain di seluruh Indonesia.

"Olimpiade ini telah terbukti memberi efek positif dalam membina kemampuan siswa," ujarnya.

Wagub Lampung yang biasa disapa Nunik menyebutkan keberadaan Muhammadiyah sendiri telah banyak memberikan kontribusi yang besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

"Indonesia bisa berada di level ini di bidang pendidikan karena banyak campur tangan dari organisasi kemasyarakatan, kita patut memberikan apresiasi yang setinggi-tinginya kepada Muhammadiyah, sekolah-sekolah di Muhammadiyah sudah sangat luar biasa," katanya.

Nunik menuturkan bahwa diharapkan generasi penerus bangsa lahir dari pendidikan Muhammadiyah.

"Kita semua mendoakan semoga yang berada disini nantinya menjadi pengganti para pemimpin-pemimpin di Provinsi Lampung, semoga semuanya lahir dari anak-anak yang hari ini mendapatkan pendidikan di seluruh lembaga Muhammadiyah. Wajah-wajah positif ini akan melanjutkan apa yang kita perjuangkan hari ini," ucapnya.

OlympicAD ke- VI Tahun 2019 sendiri akan melombakan 21 Jenis Lomba dengan 48 Kejuaraan. Lomba ini akan diikuti mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK.

Jenis lomba tersebut diantaranya meliputi lomba mata pelajaran yakni matematika, fisika, kimia dan biologi. Lalu ada juga lomba otomotif, robotika, film indie, karya tulis ilmiah siswa, desain website, majalah sekolah dan berbagai lomba lainnya.

Selain itu, dilakukan lomba penelitian tindakan kelas yang pesertanya dari guru dan lomba penelitian tindakan sekolah yang pesertanya kepala dekolah.

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024