Gowa (ANTARA) - Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan membentuk tiga posko siaga bencana untuk mengantisipasi musibah di awal musim penghujan ini.

"Ada tiga titik posko siaga yang ditetapkan dan ini melingkupi wilayah rawan bencana itu," ujar Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL di Gowa, Senin.

Tiga titik posko siaga terletak di depan Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar), titik kedua di Kecamatan Tinggimoncong atau dataran tinggi, dan titik ketiga di Kecamatan Bungaya.

"Ketiga titik ini akan mudah menjangkau kecamatan lain karena terletak ditengah-tengah Kabupaten Gowa. Nantinya akan disiagakan peralatan kebencanaan seperti alat berat, perahu banjir, sarana dan prasarana lainnya termasuk porsenil," katanya.

Selain itu, untuk melancarkan pembentukan posko tersebut, Adnan melibatkan empat SKPD langsung, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PU, ditambah melibatkan PMI, Pramuka dan Tagana.

"Kita libatkan semua komponen yang memiliki perhatian soal kebencanaan," katanya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Rustam Razak mengaku akan segera menindaklanjuti arahan tersebut, selain belajar dari pengalaman lalu juga menyingkapi kondisi cuaca yang tak menentu.

" Posko ini tujuannya untuk mempercepat proses pelayanan apabila ada informasi terkait kebencanaan dan yang terpenting dari posko itu ada porsenil dan alat komunikasi, serta bagaimana membentuk jaringan dengan masyarakat," jelasnya.



Kendati demikian, terlebih dahulu dirinya bersama SKPD lain akan melakukan rapat untuk membicarakan segala keperluan dari pembentukan posko dan sarana prasarana yang dibutuhkan.

"Kami diberi waktu paling lambat Kamis atau Jumat posko sudah terbentuk, sehingga mungkin hari ini kita akan rapat bersama BPBD, DLH, dan PU, pastinya nantinya masing-masing personel dari SKPD ini akan bergantian menjaga, dan kami meminta perwakilan kecamatan,desa/ lurah ikut siaga karena mereka yang mengetahui kondisi daerah," jelas Rustam.

Olehnya dirinya berharap, melalui adanya pembentukan posko siaga nanti bisa mengantisipasi terjadinya hal buruk saat banjir dan selalu siap siaga dalam keadaan apapun.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024