Mamuju (ANTARA) - Wilayah perairan di Provinsi Sulawesi Barat kurun waktu satu hingga dua hari ke depan berpotensi dilanda gelombang tinggi.

"Gelombang tinggi hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Makassar bagian Utara, yakni antara perairan Pasangkayu dengan Kalimantan," kata Prakirawan BMKG Majene, Arman, dihubungi dari Mamuju, Selasa.

BMKG lanjut Arman, mengimbau masyarakat khususnya nelayan yang berada di wilayah perairan Kabupaten pasangkayu dan sekitarnya untuk mewaspadai terjadinya gelombang tinggi tersebut.

"Jadi, kami mengimbau masyarakat, khususnya yang sering beraktivitas di wilayah perairan di bagian Utara Sulawesi Tengah atau di perairan Pasangkayu agar mewaspadai kemungkinan terjadinya gelombang tinggi yang mencapai 2,5 meter, kurun waktu satu hingga dua hari ke depan," ujar Arman.

Terkait kondisi cuaca, BMKG lanjut Arman memprediksi, wilayah Sulbar pada Januari 2020 berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Pada Januari 2020, kata dia, merupakan puncak musim hujan, sehingga secara otomatis, hampir seluruh wilayah di Sulbar berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Kecuali, untuk wilayah Kabupaten Majene terutama di bagian Selatan seperi Somba, Pambboang dan Banggae hanya didominasi hujan sedang," kata Arman.

Pewarta : Amirullah
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024