Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Sulawesi Selatan, Prof Husain Syam mendorong peningkatan kualitas jurnal yang merupakan hasil dari riset atau penelitian.

Ini disampaikan pada Workshop Pengelolaan dan Peningkatan Akreditasi Jurnal SINTA 2 serta Internasional Web Of Science (WOS) yang dilaksanakan Pusat Publikasi dan Haki Lembaga Penelitiaan dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) UNM Makassar, Rabu.

“Kegiatan ini menjadi penting bagi kita semua agar kita bisa menghasilkan jurnal yang sebenar-benarnya jurnal. Kita mendorong jurnal hasil penelitian bukan opini,” kata Husain.

Sebagai upaya mendorong peningkatan kulitas dan pulblikasi jurnal penelitian di UNM, Husain mengaku memberi target jumlah penelitian di setiap fakultas sebagai acuan kinerja yang bisa diukur.

“Di UNM sendiri kita target tiap fakultas melampaui target yang telah ditentukan. Ini hal yang sangat bagus, karena target tersebut menjadi acuan pencapaian kinerja kita,” tambah Guru Besar Pertanian itu.

Sebagai wujud komitmen dalam mendorong pengelolaan dan peningkatan akreditasi jurnal, Husain telah membuat beberapa kebijakan, diantaranya kebijakan penelitian percepatan guru besar dalam upaya peningkatan SDM dan kerja sama dengan pihak tertentu dalam melakukan digitalisasi di UNM sebagai kesiapan menghadapi revolusi industri 4.0.

UNM telah bekerjasama dengan berbagai pihak, dalam melakukan digitalisasi sebagai kesiapan UNM menyongsong era refolusi 4.0 menuju kampus world class university.

"Saya membuat kebijakan penelitian Percepatan Guru Besar yang selama ini sangat efektif dalam mendorong peningkatan Kuliatas SDM," katanya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024