Mamuju (ANTARA) - Ombudsman Provinsi Sulawesi Barat memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Polewali Mandar (Polman) atas sinergi dan kerjasama yang baik yang diberikan dalam hal tindaklanjuti penyelesaian laporan masyarakat.

"Sejak Kapolres Polman dijabat oleh AKBP Muhammad Rifai, pengaduan masyarakat yang masuk ke Ombudsman Sulbar terkait dengan pelayanan publik di Polres Polman menurun drastis," kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar Lukman Umar, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, selain laporan yang menurun tindaklanjut penanganan pengaduan masyarakat dapat diselesaikan lebih cepat.

Menurut dia, tim Puslitbang Polri berkunjung ke Mapolres Polman dalam rangka melaksanakan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri di wilayah hukum Polda Sulbar.

Adapun tujuan penelitian yang akan dilaksanakan oleh tim Puslitbang Polri ini untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lima fungsi layanan kepolisian yakni fungsi Lalu lintas, reserse, intel, binmas dan sabhara.

"Penelitian tersebut menggunakan lima indikator yakni bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (asurance) dan kesesuaian (conformance), dan ditambah satu indikator yaitu indikator reward terkait dengan kesejahteraan anggota berupa kenaikan gaji dan peningkatan Sarpras.

Lukman menilai beberapa indikator penilaian tersebut sejalan dengan model yang dilakukan Ombudsman Sulbar memberikan penilaian sehingga Polres Polman akan mendapatkan nilai yang maksimal.

"Ombudsman Sulbar berharpa Polres Polman dapat ditingkatkan statusnya menjadi Polres Kota, untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024