Makassar (ANTARA) - Pelantikan susulan dua anggota DPRD Provisi Sulawesi Selatan, Risfayanti Muin dari PDI Perjuangan dan Adam Muhammad dari Partai Gerindra melalui Rapat Paripurna Istimewa berjalan lancar di gedung parlemen setempat, Makassar, Jumat.

Dengan dilantiknya dua anggota dewan tersebut akhirnya melengkapi kekurangan anggota DPRD Sulsel dari sebelumnya 83 orang kini menjadi 85 orang. Sebab ada dua Calon Legislatif terpilih yakni Misriani Ilyas dari Gerindra dan Novianus Patanduk dari PDI Perjuangan batal dilantik pada 24 September 2019 karena memiliki masalah internal di partai masing-masing.

Proses pengambilan sumpah dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Makassar, Syahrial Sidik disaksikan Gubenur Sulsel HM Nurdin Abdullah, Ketua dan Pimpinan DPRD Sulsel beserta anggota, Pejabat Wali Kota Makasar M Iqbal Suhaeb, dua anggota DPR RI Azikin Sultan dan Ridwan Wittiri, sejumlah pejabat Pemprov Sulsel dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyampaikan, pelantikan ini sudah sesuai aturan yang ada serta berdasarkan hasil rapat pimpinan dan Badan Musyawarah (Bamus) sehingga acara ini dilaksanakan dengan berjalan lancar.

"Pelantikan ini berdasarkan hasil rapat pimpinan bersama fraksi PDIP dan Gerindra, kemudian dilanjutkan dengan rapat Bamus untuk menentukan jadwal pelantikan," tutur legislator perempuan ini disapa akrab Ina.

Sedangkan untuk penempatan kedua anggota dewan setelah pelantikan ini, lanjut dia, sesuai dengan usulan kedua fraksi Gerindra dan PDI-Perjuangan, Risfayanti ditempatkan di Komisi E membidangi Kesejahteraan Rakyat dan Adam Muhammad di Komisi C membidangi Keuangan.

"Berdasarkan pengusulan masing-masing fraksi, Risfayanti mengisi Komisi E dan Badan Musyawarah, sedangkan Adam Muhammad di Komisi C dan Anggota Musyawarah," paparnya.

Selain itu, dengan masuknya Risfyanti  kata politisi Golkar Sulsel ini menyebut kuota perempuan telah terpenuhi 30 persen dari jumlah anggota dewan perempuan sebanyak 25 orang.

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah melalui sambutannya menyampaikan selamat kepada keduanya. Ia berharap dengan lengkapnya susunan anggota dewan tersebut, maka akan semakin mengharmoniskan hubungan antara eksekutif dan legislatif guna meningkatkan kinerja untuk kesejahteraan rakyat.

"Hari ini anggota DPRD Sulsel sudah lengkap 85 orang. Tentunya kami dari Pemerintah Provinsi Sulsel memberikan selamat atas pelantikan ini. Mudah-mudahan hubungan legislatif dengan eksekutif makin kita jaga bersama," tuturnya.

Risfayanti usai dilantik kepada wartawan mengatakan siap bekerja dan menerima amanah yang diberikan kepadanya dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

"Sudah siap bekerja di Komisi E sesuai dengan hasil rapat dengan partai, karena ini amanah maka harus dijalankan," ucapnya singkat.

 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024