Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat memberikan penghargaan kecelakaan nihil (Zero Accident Award) kepada sembilan perusahaan di daerah itu.

Pemberian penghargaan itu diberikan saat upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tingkat provinsi di lapangan upacara Kantor Gubernur Sulbar, Senin.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Sulbar M Natsir, yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Sulbar Maddareski Salatin dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulbar.

Kesembilan perusahaan berasal dari tiga kabupaten, masing-masing Mamuju sebanyak dua perusahaan, yakni PT Rekind Daya Mamuju dan PT Hutama Karya.

Di Kabupaten Pasangkayu sebanyak empat perusahaan yang mendapat penghargaan, yakni PT Tanjung Sarana Lestari, PT Mamuang, PT Suryaraya Lestari 1 dan PT Agri Baras dan di Mamuju Tengah sebanyak tiga perusahaan, yaitu PT Suryaraya Lestari 2, PT Bhadra Sukses dan PT Primanusa Global Lestari.

Selain penghargaan kecelakaan nihil, Pemprov Sulbar juga menyerahkan penghargaan kepada 13 orang karyawan teladan 2019, diantaranya Cornelius dari PT Pasangkayu, Ubaid Solouti dari PT Mamuang, Mansyur H dari PT Letawa, Baso M dari PT Tanjung Sarana Lestari, Robert Poroku Mbaniwali dari PT Suryaraya Lestari 1.

Kemudian Yulianus dari PT Surya Lestari 2, Anwar dari PT Bhadra Sukses, Achyad Faozi dari PT Manakarra Unggul Lestari, Muhammad Arfan Anwar dari PT Rekind Daya Mamuju, Koman Darta dari PT Primanusa Global Lestari, Rini dari d'Maleo Hotel & Convention, Rahmat dari Maleo Town Square (Matos) dan Maxdalentino dari PT Anugera Subur Perkasa.

Pada kesempatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Sulbar M Natsir yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziah.

Menurut Menaker, kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu lanjutnya, juga mempengaruhi Indeks Pembangunan manusia (IPM) dan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK).

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024