Makassar (ANTARA) - Sebanyak 1.821 wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Makassar pada Desember 2019 atau naik 14,71 persen dibanding bulan sebelumnya sebanyak 1.595 orang.

"Ada kenaikan 14,71 persen dari bulan sebelumnya. Kalau berdasarkan angka itu 226 wisman tambahannya yang datang berkunjung," ujar Kepala BPS Sulsel Yos Rusdiansyah di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, 1.821 turis asing itu masuk melalui pintu pelabuhan maupun bandar udara (bandara).

Fluktuasi atau naik turunnya jumlah kunjungan banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya liburan, kegiatan maupun lainnya yang dapat mempengaruhi kunjungan ke Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Turis-turis asing itu selalu memperhatikan musim kalau ingin berwisata ke luar negeri," katanya.

Mereka memang mempersiapkan jauh-jauh hari. "Salah satu yang dipersiapkan itu berlibur di akhir tahun," katanya.

Berdasarkan data dari BPS, terdapat sepuluh negara yang menyumbang pelancong terbesar selama Desember 2019, yakni Malaysia, Singapura, China, Perancis, Amerika Serikat, Jerman, Australia, Jepang, Inggris dan Belanda.

"Turis yang banyak berkunjung dari Benua Asia, khususnya Asia Tenggara. Kemudian dari Benua Eropa dan Amerika," katanya.

Secara tahunan atau year on year (yoy) jumlah kunjungan wisman Desember 2019 juga cukup baik dengan peningkatan sebesar 29,52 persen atau sebanyak 1.406 kunjungan pada Desember 2018.*
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024