Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) membantu Kabupaten Bulukumba senilai Rp50 miliar dan empat bus untuk pengembangan sektor pariwisata pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-60 Bulukumba.

Bantuan tersebut diserahkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah disaksikan ribuan masyarakat di Lapangan Pemuda Bulukumba, Selasa. Pada kesempatan itu, sekaligus dilakukan penandatangan prasasti proyek Tahun Anggaran 2019.

"Alhamdulillah Kabupaten Bulukumba mendapatkan bagian Rp50 miliar untuk pengelolaan pariwisata kita, dan juga pada HUT ke-60 ini provinsi membantu empat bus untuk digunakan masyarakat Bulukumba," ungkap Gubernur Nurdin Abdullah.

Pada 2019, Kabupaten Bulukumba memperoleh bantuan Rp26 miliar, sedangkan tahun ini bertambah menjadi Rp50 miliar.

Nurdin menjelaskan bantuan daerah di Sulsel meningkat menjadi Rp500 miliar dan Bulukumba mendapatkan bantuan Rp50 miliar.

Selain itu, kata dia, diberi mesin traktor untuk pembersih pantai.

Melalui bantuan tersebut, Nurdin Abdullah berharap, Kabupaten Bukukumba bisa lebih maju dan berkembang menjadi daerah damai serta sejahtera.

Bupati Bulukumba M. Sukri Sappewali bersyukur atas bantuan yang diserahkan Pemprov Sulsel untuk daerah yang dipimpinnya itu.

"Bulukumba ini sudah mendapatkan bantuan dari bapak Gubernur Rp26 miliar tahun lalu dan 2020 ini kita mendapatkan bantuan sangat tinggi. Kami sangat bersukur dan berterima kasih," kata dia.

Hadir pada acara itu, antara lain Ketua DPRD Sulsel, Kejati Sulselbar, Kapolda Sulsel, yang mewakili Pangdam Hasanuddin Makassar, Wakil Bupati Bulukumba, Ketua KKB Se-Indonesia, Kepala OPD lingkup Pemprov Sulsel dan Pemda Bulukumba serta masyarakat Bulukumba.

Adapun daftar proyek Tahun Anggaran 2019 dan 2020 untuk Kabupaten Bulukumba yang diarahkan khusus untuk infrastruktur pariwisata, yaitu
proyek jalan dalam kawasan wisata Bira dan Mandala Ria, proyek broadwalk titik nol Tanjung Bira, proyek pembangunan TPST dalam kawasan wisata Bira, proyek pembangunan Pusakesmas Balantaroang, Program Kotaku Kelurahan Ela-Ela (pembangunan TPS3R, paving blok, drainase, RTP, air bersih, TP dengan nilai Rp2.000.000.000), Program Kotaku Kelurahan Bentenge (pembangunan paving blok, drainase, air bersih, TP dengan nilai Rp1.000.000.000), Program Kotaku Kelurahan Bintarore (pembangunan paving Blblok, drainase, air bersih, RTP, TPS dengan nilai Rp500.000.000).
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024