Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangun jalan di wilayah pegunungan untuk menghubungkan wilayah Piriang Tapiko dengan Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar.

"Tahun ini akan dianggarkan pembangunan jalan menuju Piriang Tapiko dari Kecamatan Mapilli sebesar Rp8,1 miliar melalui APBD Sulbar," kata Sekretaris Provinsi Sulbar, M Idris Dp di Mamuju, Selasa (11/2)

Ia mengatakan, selain membangun jalan anggaran tersebut juga untuk membangun jembatan menghubungkan wilayah itu.

"Pembangunan jalan di Sulbar dilaksanakan bertahap karena keterbatasan anggaran," katanya.

Menurut dia, sejumlah daerah di wilayah pegunungan Sulbar masih sulit diakses karena sarana jalan tidak memadai.

Seperti lanjut dia, jalan menuju Kecamatan Tutar dari jalan poros Kabupaten Polman yang jaraknya puluhan kilometer masih belum memadai dan rusak parah sehingga butuh perbaikan.

Begitu juga dengan jalan menuju Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene yang terjal berliku dan mendaki juga rusak parah dan masih butuh perbaikan.

Ia mengatakan, Pemerintah Sulbar berupaya agar jalan tersebut mendapatkan perhatian pemerintah di tingkat pusat, karena Pemerintah Sulbar dan Kabupaten anggarannya terbatas untuk memperbaiki.

"Pemerintah Sulbar berupaya agar jalan tersebut ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional agar dapat dibantu pembangunannya oleh pemerintah pusat," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024