Makassar (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya mengeluarkan dua surat rekomendasi untuk pilkada serentak masing-masing untuk Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Untuk Sulsel ada dua surat rekomendasi dikeluarkan yakni Bulukumba dan Selayar. Hari ini seluruh rekomendasi di Indonesia dikeluarkan oleh Ketua Umum, Ibu Megawati Sukarnoputri," sebut Sekretaris DPD PDIP Sulsel, Rudi Pieter Goni saat dikonfirmasi wartawan, Rabu.

Politisi DPRD Sulsel ini menyebut, bakal calon yang mendapatkan rekomendasi dari partai adalah pilihan terbaik setelah melalui seleksi yang cukup panjang dan penuh tantangan.

Proses seleksi tersebut, kata dia, melalui tahapan wawancara di tingkat DPC kabupaten, selanjutnya wawancara dan diskusi di tingkat DPD kemudian survei.

"Seluruh peserta yang menyampaikan presentasi di DPP Jakarta sebanyak tiga kali. Dan akhirnya dipilih pasangan yang sudah diumumkan tadi," ungkap dia.

Meski baru dua yang diumumkan dari total 12 kabupaten kota yang melaksanakan pilkada serentak 23 September 2020, pihaknya berharap daerah lain bisa segera menyusul.

Untuk daerah akan diumumkan dalam waktu dekat pada tahap kedua masing-masing adalah Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, Gowa, Maros, Luwu Utara dan Kota Makassar.

"Untuk Kabupaten Luwu Timur, Pangkep, dan Barru masih menunggu pasangan Wakil Bupatinya. Sedanhkan Soppeng kita masih melakukan pembicaraan serius tentunya melobi partai lain," sebut Rudi

Mengenai dengan pasangan calon di Bulukumba dan Selayar, ia belum mau menyebut nama, alasannya karena akan diumumkan secara resmi dan dibacakan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta seluruh bakal calon pilkada serentak yang akan diusung se Indonesia

"Saya belum berani pastikan nama itu, tapi yang pasti infonya semua calon dari petahana," katanya.

Sebelumnya, undangan pemberian rekomendasi berhasil diperoleh, dua pasangan calon asal Sulsel itu diketahui adalah petahana.

Untuk Kabupaten Bulukumba yakni Tommy Satria masih menjabat Wakil Bupati dan berpasangan Andi Makkasau diketahui berlatarbelakang pengusaha. Sementara di Kabupaten Selayar Basli Ali menjabat Bupati dan pasangannya Saiful Arif diketahui birokrat.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024