Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka menjelaskan potensi konflik dan pengamanan Pilkada 2020 pada Komisi I DPR RI yang melakukan reses di lingkup TNI di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Peran Kodam XIV/Hasanuddin dalam menciptakan kondisi wilayah yang tangguh terhadap berbagai kerawanan dan potensi ancaman termasuk pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Sulsel," kata Pangdam Ketua Tim Komisi I DPR RI Bambang Kristiono di Makassar pada akhir pekan.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah strategi untuk membantu pihak keeamanan dalam hal ini Kepolisian dalam mengantisipasi adanya gesekan di lapangan.

Hal senada dikemukakan Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto dalam pemaparanya terkait Peran Koopsau II dalam menciptakan kondisi wilayah yang tangguh terhadap berbagai kerawanan dan potensi ancaman di Provinsi Sulsel.

Sementara itu, Danlantamal VI Makassar Laksma TNI Hanarko Jhody menjelaskan peran Lantamal dalam membantu pengamanan Pilkada di wilayah perairan dan pulau-pulau serta membantu menciptakan kondisi wilayah yang tangguh terhadap berbagai kerawanan dan potensi ancaman di Provinsi Sulsel.

Kabinda Provinsi Sulsel Brigjen TNI Wing Handoko mengungkapkan bahwa khusus peran Binda adalah deteksi dini dan cegah dini terhadap kejahatan penyalahgunaan narkoba, kriminalitas, konflik komunal dan perebutan SDA serta pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Sulsel.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Komisi I DPR RI Bambang Kristiono mengatakan kedatangannya bersama rombongan merupakan Kunjungan Kerja Reses MP II TS 2019-2020 ke Provinsi Sulawesi Selatan.

"Komisi I DPR RI merupakan bagian dari mitra kerja TNI yang membidangi pertahanan. Karena itu kami datang ke sini," katanya.
 
Kunker dalam masa Reses yang dilaksanakan DPR RI adalah untuk mengetahui dan meninjau langsung permasalahan-permasalahan yang dihadapi mitra kerjanya serta sarana dan prasarana yang ada," paparnya.

Selama di Makassar pada akhir pekan, tim reses Komisi I DPR RI melakukan pendalaman terkait tupoksi TNI AD, AL dan AU dalam membantu menciptakan keadaan yang kondusif. Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka memberikan cindramata pada Komisi I DPR RI yang melakukan reses di lingkup TNI di Makassar. ANTARA Foto/HO/Pendam Hasanuddin

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024