Makassar (ANTARA) - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan menjalin kerja sama dengan Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) guna mewujudkan Sahabat Sensus 2020 yang sedang berlangsung pada sistem online

Kerja sama tersebut ditandai dengan teken nota kesepahaman oleh Rektor UNM, Prof Husain Syam, M.TP bersama Kepala BPS Provinsi Sulawesi Selatan, Yos Rudiansyah disaksikan oleh para dekan, dosen, dan mahasiswa pada Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Ballroom Menara Pinisi, Makassar, Kamis.

Rektor UNM, Prof Husain Syam mengaku bangga dengan apa yang telah dicapai oleh mahasiswa dan dosen UNM terkhusus Prodi Statistika yang telah melebihi target dalam melakukan sensus 2020.

Menurut dia, melaksanakan sensus penduduk adalah satu bentuk kontribusi kepada negara.

"Mari mengambil bagian dalam sensus yang dilakukan setiap 10 tahun ini. kita memberikan kontribusi untuk mencatatkan Indonesia," ujarnya.

Selain itu, kata dia, program ini sekaligus bisa menjadi wadah bagi mahasiswa statistika dalam mengaplikasikan ilmu statistik yang telah diperoleh di kampus.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Provinsi Sulsel, Yos Rudiansyah mengungkapkan bahwa sensus kali ini telah menggunakan metode baru secara online melalui laman resmi BPS.

"Momen yang diadakan tiap 10 tahun ini memberikan tiga manfaat, yakni kemudahan, nyaman, serta aman sebab adanya kerahasiaaan data dan mudah diakses dimana saja", katanya.


Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024