Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perdagangan mulai menyalurkan bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW senilai Rp1,5 miliar.

Sebagai salah satu program unggulan Pemkab Bantaeng, bantuan itu disalurkan di Rumah Kreatif Bantaeng (RKB), Kamis.

Tercatat ada 73 usaha yang mendapatkan bantuan dengan total nilai Rp1,5 miliar. Pengusaha itu mendapatkan bantuan senilai Rp10 juta hingga Rp50 juta.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Bantaeng, Meyriani Madjid mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan lintas Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) yang dilaksanakan sejak tahun 2019 melalui berbagai tahapan pendataan di setiap Dusun dan RW.

"Bantuan modal ini merupakan inovasi dari Bupati Bantaeng bersama Wakil Bupati, yang senantiasa memberikan perhatian kepada masyarakat Bantaeng untuk menumbuh kembangan usaha-usaha masyarakat sehingga bisa maju berdasarkan wilayah masing-masing," katanya.

Bupati Bantaeng Ilham Azikin mengatakan pemberian bantuan ini merupakan komitmen yang tidak hanya menjadi magnet elektoral semata. Namun pemerintah hadir memberikan program tersebut sebagai sebuah kebutuhan yang akan memberi manfaat bagi masyarakat Bantaeng.

"Dengan kondisi infrastruktur yang baik, maka kami menghadirkan program ini agar masyarakat dapat bergerak lebih baik, sebagai upaya mendorong pergerakan ekonomi secara mikro di Bantaeng," jelas Bupati.

Bantuan modal ini hanya dapat digunakan untuk pembelian bahan baku, pembelian peralatan produksi, serta pembiayaan tenaga kerja.

Ilham menyebutkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Bantaeng mengalami peningkatan dari 7,2 persen menjadi 8,08 persen pada tahun 2019.

"Secara kualitatif apa yang mendorong peningkatan ini adalah sektor pertanian dan UKM, yang mana banyak memberi dampak positif dalam menjaga stabilitas perekonomian di Bantaeng," tambah Bupati.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan launching Rumah Kemasan UKM Kabupaten Bantaeng yang terletak di Jl S. Bialo, Kec Bantaeng, Kabupaten Bantaeng.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin, unsur Forkopimda, Penasehat Kebijakan Pembangunan Daerah untuk Wilayah Sulawesi, Shintani Naoyuki, Pimpinan BNI Cabang Bantaeng, Andi Muh. Yusuf, Ketua GOW Bantaeng, Hj. Rahma Arsyad, para Pimpinan Perbankan se-Cabang Bantaeng, para Camat, Lurah dan Kepala Desa.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024