Makassar (ANTARA) - Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kepulauan Selayar, dan Takalar, Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan biometrik melalui Pelayanan Mobile Device Unit, Kantor Imigrasi Kelas I Makassar.

"Pelayanan Mobile Device Unit dalam proses rekam data Biometrik bagi pemohon paspor Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Selayar dan Kabupaten Takalar adalah salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Makassar," jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Makassar, Andi Pallawarukka di Makassar, Jumat.

Ia menambahkan pelayanan yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I Makassar ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus memberikan kemudahan pada JCH Kabupaten Selayar dan Kabupaten Takalar dalam pembuatan paspor.

Dia menyatakan dengan pemeriksaan biometrik ini, para JCH dua kabupaten tersebut tidak perlu lagi mendatangi Kantor Imigrasi Kelas I Makassar di Jalan Perintis Kemerdekaan untuk melakukan proses rekam data dalam proses pembuatan paspornya.

"Ini adalah terobosan pelayanan yang kami lakukan. Jadi para JCH ini tidak perlu datang ke kantor, tetapi kami yang datangi langsung untuk proses rekam biometrik ini," ujarnya.

Andi Pallawarukka menerangkan pelayanan yang dilakukan oleh bawahannya ini juga diapresiasi langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten dan kota serta para jamaah calon haji itu sendiri.

"Kami senang jika pelayanan yang kami lakukan itu diapresiasi dan Alhamdulillah terobosan layanan ini dinilai sangat membantu bagi para jamaah calon haji," ucapnya.

Untuk jumlah pemohon yang terlayani pada Kabupaten Takalar sebanyak 114 Jamaah Calon Haji dan pada Kabupaten Takalar sebanyak 214 JCH yang telah diambil rekam biometriknya guna keperluan penerbitan paspor.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024