Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) mengintensifkan aksi bersih-bersih di terminal penumpang di masing-masing cabang pelabuhan, untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 (corona).

"Di lingkungan PT Pelindo IV, sejak awal virus corona mewabah sudah melakukan berbagai upaya untuk bisa terhindar dari virus corona diantaranya melakukan aksi bersih-bersih di terminal penumpang," kata Corporate Secretary PT Pelindo IV (Persero) I Made Herdianta di Makassar, Senin.

Dia mengatakan langkah itu dilakukan agar virus corona tidak semakin menyebar, karena itu berbagai pihak, termasuk PT Pelindo IV melakukan berbagai langkah untuk dapat terhindar dari wabah yang sudah dinyatakan sebagai sebuah pandemik tersebut.

Selain mewajibkan penggunaan masker bagi para petugas di pelabuhan, BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan ini juga menyiapkan alat Thermal Scanner untuk mendeteksi suhu tubuh manusia dan hand thermometer scanner, termasuk menyediakan cairan antiseptic baik di terminal penumpang maupun di kantor pusat dan kantor-kantor cabang. 

Tak hanya itu, lanjut Herdianta, masing-masing cabang di wilayah kerja Pelindo IV juga melakukan berbagai langkah preventif untuk mencegah virus corona menyebar di wilayah masing-masing.

Sebagai gambaran, kegiatan bersih-bersih di Terminal Penumpang Pelabuhan Manado dan Bitung dilakukan PT Pelindo IV Cabang Manado bersama seluruh instansi terkait termasuk TNI dan Polri pada akhir pekan lalu. 

Mengutip keterangan General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Manado M Sofyan Marasabessy, lanjut Herdianta,  kerja bakti dengan melakukan kegiatan bersih-bersih di terminal penumpang adalah salah satu bentuk langkah preventif yang dilakukan pihaknya dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Selain melakukan bersih-bersih terminal penumpang, juga membagikan masker, terutama kepada para pengguna jasa di Pelabuhan Manado,” katanya.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya melakukan penyuluhan tentang pencegahan virus corona kepada para penumpang kapal setiap Senin, Rabu dan Jumat sesuai dengan operasional kapal masuk dan keluar. Suasana aksi bersih-bersih di terminal penumpang di pelabuhan cabang Manado yang berada dibawah PT Pelindo IV, guna mencegah penyebaran infeksi virus corona (dok) . ANTARA Foto/HO/Humas Pelindo IV

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024