Makassar (ANTARA) - Tim relawan Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI) Makassar melakukan penyemprotan disinfektan di sel tahanan Mapolsek Panakkukang mengantisipasi penularan virus COVID-19 melalui tahanan.

"Tim relawan kami terus melakukan penyemprotan selama sepekan ini dan Mapolsek Panakkukang adalah tempat ke 27 yang disemprot," ujar Dekan FTI UMI Makassar Dr Zakir Sabhara HW, ST, MT, ASEAN Eng di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan diseluruh ruangan Polsek Panakkukang seperti ruangan Kapolsek, ruangan penyidik, piket SPKT, pelayanan dan termasuk ruang sel tahanan.

Zakir menyatakan pihaknya terus bergerak melakukan penyemprotan dan tidak kurang dari tiga tempat berbeda dalam sehari disemprot dengan menggunakan cairan disinfektan.

Ia juga mengaku akan terus melakukan penyemprotan di tempat-tempat umum dan publik lainnya dengan upaya maksimal agar wabah pandemi COVID-19 tidak meluas penularannya.

"Selama bahan baku masih ada, kami akan terus memproduksi dan menyemprotkan cairan disinfektan di tempat-tempat umum lainnya," katanya.

Selain penyemprotan itu, ia juga meminta kepada semua masyarakat tanpa terkecuali agar mau mengikuti anjuran pemerintah dengan tetap berdiam diri dalam rumah selama masa tanggap darurat.

"Pemerintah butuh dukungan seluruh masyarakat. Ini demi kebaikan bersama, penyemprotan disinfektan itu tidak terlalu maksimal tetapi meminimalisir penularan virus yang menempel pada media-media lainnya. Cara efektif juga adalah dengan melakukan social distancing atau tetap berada di rumah," ucapnya.

Kapolsek Panakkukang Kompol Jamal Fatur Rahman mengucapkan banyak terima kasih kepada tim relawan FTI UMI Makassar yang tidak kenal lelah melakukan penyemprotan dibanyak tempat berbeda.

Selain mengucap terima kasih, ia juga memberikan bantuan 20 liter alkohol sebagai bahan baku pembuatan disinfektan kepada relawan agar penyemprotan bisa terus dilakukan di banyak tempat.

"Semoga bantuan kecil ini bermanfaat untuk banyak orang dan upaya pemerintah dalam menangani pandemi Corona ini bisa berlalu," ucap Kompol Jamal Fatur Rahman.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024