Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah melakukan peninjauan kesiapan Pelabuhan Nusantara Parepare untuk menerima penumpang dari Nunukan dan Samarinda, Jumat, yang akan diperketat dengan dikarantina selama 14 hari.

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memperketat pintu-pintu masuk ke Sulawesi Selatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona baru atau COVID-19 di Sulsel.

"Yang kita lakukan sekarang ini bagaimana menjaga pintu-pintu masuk dengan baik. Jika tidak, ini akan muncul masalah baru. Alhamdulillah sudah ada kebijakan pemerintah mengenai  hal itu," katanya.

Diketahui penumpang dari Nunukan berjumlah 220 orang akan tiba pukul 4:30 Wita (4/04) menggunakan kapal Thalia dan penumpang dari Samarinda sebanyak 202 orang juga dijadwalkan tiba pada pukul 19:50 Wita menaiki kapal KM. Aditia.

Nurdin mengemukakan, mereka yang masuk ke Sulsel harus terlebih dahulu mengikuti isolasi selama 14 hari sebelum kembali ke keluarganya masing-masing.

"Mudah-mudahan semua saudara kita mendengarkan peraturan pemerintah. Kalau masuk di Sulsel, harus melakukan isolasi," katanya.

Ia menyebutkan cara terbaik untuk memotong rantai penyebaran COVID-19 yakni melakukan isolasi wilayah dan memperketat seluruh pintu masuk. Termasuk pelabuhan penumpang yang ada di Parepare dan Makassar.

"Kita tidak menutup, tapi semua yang masuk di pelabuhan kita isolasi 14 hari. Kenapa harus melakukan isolasi, supaya masa inkubasinya itu selesai," katanya.

Nurdin Abdullah menjelaskan COVID-19 ini sudah menjadi masalah dunia yang dampaknya kepada negara hingga tingkat daerah.

Menurut dia, episentrum penyebaran ada di Kota Makassar. Pemerintah sudah melakukan pemetaan dan ada beberapa langkah yang dilakukan, termasuk isolasi wilayah baik tingkat RT, RW dan Kelurahan.

"Tetapi jika langkah-langkah ini sudah dilakukan namun pintu-pintu masuk tidak dijaga dengan ketat maka hasilnya tidak ada, akan menjadi masalah lain lagi dan penyebaran virus ini tidak akan berhenti," katanya

Mantan Bupati Bantaeng ini berharap seluruh masyarakat Sulsel mendengar imbauan dan menaati seluruh aturan, baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten kota.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024