Gowa (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan melakukan pembatasan sosial skala kecil diseluruh desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Gowa guna mengantisipasi penularan yang lebih luas Corona Virus Disease (COVID-19).

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menggelar video konferensi, Selasa mengatakan pemberlakuan pembatasan sosial skala kecil ini merujuk pada peraturan pemerintah pusat.

"Pemberlakuan pembatasan sosial skala besar sudah dilakukan oleh pemerintah pusat dan kami di daerah hanya melakukan pembatasan skala kecil antardesa, kecamatan dan daerah," ujarnya.

Ia mengatakan pemberlakuan pembatasan sosial skala kecil di Gowa hanya untuk membatasi pergerakan masyarakat atau menerapkan "physical distancing" agar penularan bisa dicegah.

Instruksi untuk pemberlakuan pembatasan sosial skala kecil ini juga sudah disampaikan kepada seluruh perangkat daerah hingga ke tingkat terbawah yakni RW dan RT.

"Kalau kita bisa konsisten untuk sesaat ini, 14 hari tidak keluar rumah kalau tidak penting sekali, maka saya yakin kita akan terhindar dari penyebaran virus Corona ini," katanya.

Bupati termuda Kawasan Timur Indonesia ini menyatakan posko antardesa dan kelurahan yang dibuat untuk mengantisipasi adanya pergerakan manusia atau yang sedang mudik karena tidak adanya aktivitas.

"Pokoknya kalau ada warga yang akan mudik atau pergi ke desa lain itu harus diantisipasi. Kalau perlu suruh balik arah dulu dan ini hanya sementara saja," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024