Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 137.000 guru honorer dan non-honorer di Indonesia akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil pada 2011.

Ketua Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Swasta (ALPTKS) Sulistyo di Makassar, Jumat, mengatakan, 137.000 guru ini sudah masuk dalam data base sejak 2005.

Pengangkatan para guru ini akan dilakukan pada Maret 2011.

Ia mengatakan, jumlah guru yang akan diangkat menjadi CPNS tersebut masih kurang jika melihat jumlah guru honorer di seluruh Indonesia.

"Jumlah guru di Indonesia mencapai 3,5 juta orang, dan sebagian besar adalah guru honorer bukan PNS, bahkan ada yang belum menjadi tenaga pengajar tetap yayasan," ungkapnya.

Meskipun begitu, ia mengapresiasi kebijakan pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) yang akan mengangkat 137.000 guru menjadi CPNS.

"Kebijakan pemerintah ini harus dilanjutkan mengingat masih banyak guru yang sudah bekerja puluhan tahun namun belum diangkat menjadi CPNS," ucapnya.

Menurut dia, sesuai dengan undang-Undang tentang guru dan dosen, pemerintah  wajib memberikan perlindungan kepada guru dalam pelaksanaan tugas.

"Salah satu bentuknya adalah pengangkatan guru menjadi CPNS," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan validasi data terkait dengan persebaran guru baik swasta maupun negeri di seluruh Indonesia. (T.pso-103/N002)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024