Makassar (ANTARA News) - Festival sandeq race yang diikuti oleh 42 tim dari Sulawesi Barat tiba di Pantai Losari Makassar, Sabtu.

Festival tahunan yang dijadikan sebagai agenda bahari ini disambut Staf Ahli Kementrian Budaya dan Pariwisata Bidang Ekonomi dan Iptek Titin Sukarya, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin dan sejumlah muspida Sulsel, di Makassar.

Titin Sukarya dalam sambutannya sangat bangga karena agenda bahari ini sudah menjadi agenda tahunan yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya.

Sandeq race merupakan agenda pariwisata yang dapat mengembangkan pariwisata lokal menjadi pariwisata internasional karena keunikannya. 

Sandeq race ini diikuti 42 tim dan dilepas Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, Kamis, 29 Juli di Mamuju, Sulbar dan berakhir di Pantai Losari Makassar, Sabtu, 7 Agustus 2010.

Lomba ini sendiri dimulai dari Pelabuhan Mamuju menuju Pantai Losari Makassar melewati enam etape perlombaan yang melewati daerah Majene, Polewali, Ujung Lero, Parepare, Barru dan berakhir di Pantai Losari.

Sandeq merupakan sebutan untuk perahu layar tradisional khas masyarakat suku Mandar, Sulbar dengan memiliki panjang lambung 7-11 meter dan lebar 60-80 centimeter dan disamping kiri-kanannya dipasang cadik yang terbuat dari bambu sebagai penyeimbang.

Dalam perkembangannya, mulai 1995 lomba perahu sandeq dipertandingkan secara profesional oleh suku Mandar yang diprakarsai oleh Liebner seorang peneliti dari Eropa.(T.KR-MH/F003)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024