Makassar (ANTARA) - Relawan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI) bekerja sama dengan Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Pimpinan Sandiaga Salahuddin Uno (SSU) membagikan 250 paket sembako di empat lokasi di Kecamatan Tallo, Makassar.

Dekan FTI-UMI Makassar Dr Zakir Sabhara di Makassar, Minggu, mengatakan paket kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) yang disalurkan adalah bantuan dari RBI Sandiaga Uno dan relawan FTI UMI membantu dalam sterilisasi wilayah dengan penyemprotan disinfektan.

"Di lokasi penyerahan sembako itu ada warga yang meninggal dunia karena COVID-19. Sebelum pendistribusian bantuan sembako, anak-anak relawan FTI UMI melakukan penyemprotan disinfektasi terlebih dahulu kemudian membagikan sembakonya," ujarnya.

Adapun lokasi penyaluran bantuan sembako yakni di Jalan Korban 40.000 Jiwa khususnya di RT 05, kemudian Jalan Datuk Ribandang, Pongtiku dan Mangadel.

Dia mengatakan paket sembako yang dibagikan di Makassar adalah tahap pertama dalam rangka program gerakan Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa FTI UMI Makassar berkolaborasi dengan KNPI Sulsel untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan Relawan Indonesia Bersatu (RIB) di Kota Makassar

Sebelum Tim RIB membagikan paket sembako, maka tim melakukan sterilisasi dengan menggunakan cairan antiseptik foodgrade dan seluruh relawan baik sebelum maupun setelah melakukan pembagian sembako di lorong-lorong kelurahan La’latag juga dilakukan penyemprotan antiseptik yang khusus untuk pakaian relawan.

Sandiaga Salahuddin Uno yang berada di Makassar mengatakan pendistribusian beberapa bantuan baik sembako maupun alat pelindung diri (APD) karena prihatin melihat masyarakat khususnya yang prasejahtera di tengah pandemi COVID-19. Bentuk keprihatinan RIB terhadap tim medis dengan membagikan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari masker, baju hasmat dan rapid tes.

"Sasaran program sosial kemasyarakatan yang dilakukan adalah masyarakat yang terdampak COVID-19 dan para tim medis," katanya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, pembagian sembako dan APD para medis untuk rumah sakit akan disalurkan langsung oleh tim relawan RIB di Kota Makassar.

"Program gerakan kemanusian ini bukan kali pertama dilakukan di pulau Jawa termasuk di Jakarta sudah berjalan karena ini merupakan program nasional RIB," urainya.

Selain pembagian sembako dan penyaluran APD, Sandiaga Uno juga secara langsung akan berkomunikasi dengan masyarakat penerima bantuan melalui aplikasi media sosial.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024