Makassar (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Lies F Nurdin mengajak ibu-ibu di wilayah itu menjadi garda terdepan dalam melawan dan mencegah penyebaran COVID-19 dari rumah.

Lies F Nurdin menyampaikan keluarga memegang peranan penting dan merupakan garda terdepan untuk melahirkan kesadaran dalam memutus penularan COVID-19.

"Jadi, kita harus menyadarkan anak-anak, tetangga juga masyarakat di sekitar kita," katanya pada temu wicara secara virtual dengan Pusat Pembelajaran Ibu-ibu Takalar (Puspita) Milenia dalam Talkshow Madrasah Online Puspita, Selasa.

Ia menjelaskan seorang ibu dapat membangun dan menciptakan pikiran positif dalam keluarga dan menjamin ketersediaan pangan dengan gizi yang berimbang, yang sangat diperlukan dalam membentengi tubuh dan memperkuat sistem imun dalam menghadapi COVID-19.

Ia mengatakan pikiran positif lahir dari peran keluarga yang mampu menciptakan suasana nyaman dalam keluarga. Memanfaatkan kebijakan tinggal di rumah untuk melahirkan kebersamaan yang lebih harmonis dalam keluarga.

Di dalam keluarga, utamanya ibu, harus memastikan anak-anak dan seluruh anggota keluarga tetap berada di rumah dan membuat suasana nyaman. "Ini waktunya banyak komunikasi dengan keluarga, biasanya kan susah. Sekarang waktunya dekat dengan anak, menjadi guru untuk anak, sabar (melayani) dengan bapaknya," ujarnya.

Istri Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah ini juga menuturkan di dalam rumah jabatan gubernur, setelah buka puasa, bersama suami kemudian melaksanakan shalat Magrib dan tarawih bersama, termasuk dengan pegawai rumah tangga.

Ibu dalam keluarga juga bertugas mengingatkan untuk memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

"Suami kita tiap hari keluar. Saya kira bapak-bapak semua sudah tahu aturan protokoler kesehatan. Keluar pasti menggunakan masker, tangan harus selalu bersih. Kalau pulang seperti suami saya, kalau pak gubernur pulang, itu pasti langsung buka sepatu, tidak boleh masuk kamar, dan langsung mandi dan ganti baju," tuturnya.

Ia mengajak kaum ibu berperan mencegah COVID-19, apapun tidak masalah besar atau kecil semuanya berarti. Seorang ibu adalah pahlawan keluarga.

"Mari kita bantu program pemerintah dalam mengurangi penyebaran COVID-19 ini dan kita berdoa semua agar penyakit ini cepat pergi meninggalkan bumi Indonesia utamanya Provinsi Sulawesi Selatan. Karena kemarin pasien Positif COVID-19 di Sulsel tidak ada penambahan, dan curvanya semakin landai," paparnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024