Mamuju (ANTARA) - Rumah Sakit Provinsi Sulawesi Barat memiliki mesin TCM (Tes Cepat Molekuler) untuk pasien dan menjadi rumah sakit rujukan COVID-19.

"Selain memiliki TCM, rumah sakit Sulbar juga ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Indonesia  berdasarkan SK Gubernur Provinsi Sulbar," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, Muhammad Alief Satria di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan percepatan deteksi dini melalui pemeriksaan laboratorium menjadi prioritas dalam melakukan pemutusan rantai penularan COVID 19.

"Provinsi Sulbar secara resmi melakukan pemeriksaan PCR untuk terduga COVID-19 dengan metode A Qualitative Rapid, Real Time PCR menggunakan mesin TCM rumah sakit Sulbar ini," katanya.

Oleh karena itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan penanganan COVID-19 di Sulbar sudah harus diselesaikan melalui rumah Sakit milik Pemprov Sulbar tersebut.

"Eskalasi kasus konfirmasi positif di Indonesia semakin meningkat maka Pemeriksaan RT PCR yang sebelumnya hanya dilakukan di laboratorium rujukan kini diperluas dengan memanfaatkan mesin TCM yang telah tersedia dihampir semua Rumah Sakit milik pemerintah termasuk Sulbar," ujarnya.

Ia menyampaikan, penggunaan TCM di RSUD Provinsi Sulbar dilaksanakan berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan Nomor : PM 01.02/1/902/2020 tanggal 6 April 2020 perihal Pemberitahuan Persiapan Penggunaan alat TCM pemeriksaan COVID-19.

Ia menyampaikan alat TCM di Sulbar sudah ada sejak tahun 2014 untuk pemeriksaan Tuberkulosis dan kini dengan menggunakan catridge khusus dapat difungsikan untuk mendiagnosa COVID-19.

Juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin mengatakan kementerian kesehatan juga membantu peralatan medis seperti Catrige Xpert Sars Cov 2, Masker N95, serta memberikan dukungan pemeliharaan alat serta Sistem pelaporan online sehingga waktu pelaporan COVID-19 sangat cepat.

Kepala Dinas Kominfo ini juga menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Sulbar dalam melakukan penanganan COVID-19 telah mencurahkan segala perhatiannya dengan melaksanakan pemeriksaan, penyediaan sarana penunjang untuk pemeriksaan pasien serta menyediakan Insentif bagi tenaga kesehatan.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024