Makassar (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 dengan menggelar donor darah.

"Ada beberapa kegiatan yang kami laksanakan, seperti donor darah yang pada hari ini, dan sebelumnya ada pembagian masker 1.500 lembar dan kegiatan edukasi lainnya," ujar Kepala BNNP Sulsel Brigjen Pol Idris Kadir di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan donor darah itu melibatkan semua pegawai dibantu unit transfusi darah dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dia menyatakan kegiatan donor darah yang dilaksanakannya hanya sebatas untuk pegawai dan beberapa mitra relasi BNNP Sulsel.

Hasil donor darah itu, Unit Transfusi Darah Dinkes Sulsel mendapatkan 19 kantong darah dari 24 orang pegawai yang memeriksakan kondisinya sebelum pengambilan darah tersebut.

"Kegiatan ini pada prinsipnya wujud kepedulian terhadap sesama manusia dan bagian dari pada pola hidup sehat, sehingga jajaran BNNP Sulsel melaksanakan kegiatan donor darah usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020. Apalagi tema kali ini mengangkat hidup sehat, sadar produktif, dan bahagia," katanya.

Terkait dengan upaya menekan laju penyalahgunaan narkoba, BNNP Sulsel melakukan pencegahan secara rutin dan salah satunya mengoptimalkan peranan pemerintah kelurahan dengan program Kampung Bersinar.

"Yang pasti upaya pencegahan menjadi yang utama, sedangkan penindakan itu nomor sekian. Kita lebih mengedepankan upaya pencegahan dan edukasi," ucapnya.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024