Mamuju (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi II Kabupaten Majene mengingatkan warga pesisir Sulawesi Barat, khususnya di bagian selatan perairan Majene dan Polewali Mandar, untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya gelombang tinggi.

"Kami mengimbau masyarakat di pesisir, khususnya di bagian selatan perairan Kabupaten Majene dan Polewali Mandar agar mewaspadai kemungkinan terjadinya gelombang tinggi," kata prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi II Kabupaten Majene Satriana yang dihubungi dari Mamuju, Kamis.

Ia menyampaikan potensi terjadinya gelombang tinggi di Selat Makassar, khususnya di bagian selatan perairan Kabupaten Majene dan Polewali Mandar tersebut, dipicu angin kencang dengan kecepatan 40 hingga 50 kilometer per jam.

"Jadi kurun waktu tiga hari ke depan, di perairan Selat Makassar berpotensi dilanda angin kencang dengan kecepatan 40 sampai 50 kilometer per jam sehingga memberikan pengaruh terhadap tinggi gelombang berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter," kata dia.

Ia juga mengingatkan para nelayan yang sering beraktivitas di wilayah pesisir Majene dan Polewali Mandar agar mewaspadai potensi terjadinya angin kencang.

"Kami juga mengingatkan para nelayan yang sering beraktivitas di perairan Selat Makassar agar tetap waspada kemungkinan terjadinya angin kencang yang dapat memicu gelombang tinggi 1,25 hingga 2,5 meter," ujar Satriana.
 

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024