Parepare, Sulsel (ANTARA News) - Puluhan penyandang tuna rungu dari sekolah luar biasa dan masyarakat Kota Parepare, Sulawesi Selatan,  mengikuti pelatihan pembuatan produk dari kain sutra dan sablon, Kamis.

Kegiatan yang diselenggarakan Gerakan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Cabang  Parepare ini berlangsung di salon milik Ketua Gerkatin Cabang Parepare Hj Cakrawaty Syarifuddin di Jl Kasuari Parepare.

Pelatihan tersebut dipandu oleh pemateri dari Japan International Cooperation Agency (JICA ) Ms Yoshiko Okawa, dan Senior Silver Expert JICA di bidang Silk Design dan Yuriko Kumakura (Junior Expert JICA).

Keduanya  ditempatkan pada UPTD Balai Pengembangan Teknologi Tekstil (BPTT) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Selatan sejak Februari 2009.

Pembukaan pelatihan dihadiri Plt Asisten  Bidang Pemerintahan dan Kesra Iwan Asaad, Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Parepare H Mujahidin Rauf, perwakilan Dinas Perindag Koptam Parepare, Dinas Sosial Parepare, Kepala SLB Parepare Muh Hasyim, dan Pembina  dari Dinas Perindag Provinsi Sulawesi Selatan Zubridah.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota Parepare yang dibacakan Iwan Asaad, disebutkan  bahwa pelatihan seperti ini memiliki nilai penting dan strategis dalam kaitannya dengan peningkatan keterampilan anggota tuna rungu, khususnya dalam meningkatkan kemampuan membuat produk dari kain sutra dan sablon.

"Kami berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan agar para penyandang tuna rungu dapat mempunyai keterampilan yang bisa digunakan sebagai modal untuk membuat usaha sendiri," katanya.

Lebih lanjut Wali Kota mengharapkan  kegiatan semacam ini dapat berlanjut menjadi kegiatan rutin karena selain dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan, juga dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi untuk bertukar pikiran dan pengalaman dalam membangun organisasi komunitas.

Hal senada juga dikatakan Kepala SLB Muh Hasyim bahwa  pelatihan yang dikhususkan bagi warga tuna rungu ini diharapkan dapat memberikan kemandirian untuk masa depan serta menghasilkan karya terbaik  bagi masyarakat Kota Parepare.(T.PSO-098/N002)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024