Makassar (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan Lies F. Nurdin mengedukasi warga Kota Makassar terkait dengan pandemi COVID-19 sekaligus membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang ditemui.

Meski diguyur hujan, Sabtu (18/7), hal itu tidak menyurutkan Lies Nurdin bersama Ketua TP PKK Makassar Rossy Timur Wahyuningsih dalam kegiatan itu.

Mereka bergerak menyusuri sejumlah ruas jalan wilayah Makassar Utara untuk mengedukasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona jenis baru itu.

Umumnya, masyarakat pengguna jalan maupun pemilik usaha di sepanjang ruas jalan yang dilalui, telah menggunakan masker. Namun, tidak sedikit pula warga yang masih lalai beraktivitas di luar rumah tanpa memakai masker.

"Masyarakat tidak apa-apa tetap beraktivitas, menjalankan usaha, tapi tetap kenakan masker, patuhi protokol kesehatan, tetap mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Lies.

Hal itu, disampaikan dengan mnggunakan pengeras suara di atas mobil bak terbuka yang melintas melalui ruas-ruas jalan protokol.

Lies menyerukan kepada masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan setiap saat apabila beraktivitas di luar rumah.

Pada kegiatan itu, Lies juga didampingi tim dari PKK Sulsel, Dekranasda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja, serta Perseroda Sulsel.

Selain mengedukasi masyarakat, Lies bersama tim juga membagikan masker kain maupun masker medis kepada warga yang tidak menggunakan masker.

Ia mengungkapkan kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan adalah kunci menekan penyebaran virus, utamanya di Kota Makassar yang menjadi episentrum penularan di Sulsel.

"Kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan adalah kunci untuk menekan penyebaran virus. Untuk itu, edukasi dan sosialisasi masif dan langsung ke masyarakat perlu dilakukan," terangnya.

Rombongan itu bertolak dari Rumah Jabatan Gubernur Sulsel menyusuri ruas jalan protokol mulai dari Jl. Ratulangi, Jl. Andi Djemma, Jl. Veteran Selatan, Jl. Masjid Raya, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Pongtiku, Jl. Arif Rahman Hakim, Jl. Tinumbu, Jl. Cakalang, Jl. Yos Sudarso, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Lamadukelleng, Jl. Nusantara hingga Jl. Penghibur.

Pekan sebelumnya, Lies bersama Perseroda juga melakukan hal yang sama di sejumlah ruas jalan protokol Kota Makassar. Rencananya, Lies akan tetap turun ke jalan membagikan masker sekaligus mengedukasi masyarakat agar upaya menekan penyebaran dapat optimal.
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024