Mamuju (ANTARA) - Ombudsman Provinsi Sulawesi Barat menyatakan Aduan pelayanan publik di bidang pendidikan di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dinilai masih tinggi

"Karena aduan masyarakat terkait pelayanan publik di bidang pendidikan di Sulbar tinggi, maka perlu dilakukan pencegahan," kata Kepala Ombudsman Sulbar, Lukman Umar di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan Ombudsman Sulbar telah melaksanakan program "Ombudsman di Passikolang" yang artinya Ombudsman d isekolah program tersebut untuk mengurangi jumlah praktik maladmninistrasi pelayanan publik yang terjadi, khususnya di sekolah.

Menurut dia, melalui program ombudsman di sekolah tersebut akan dimanfaatkan ombudsman memaparkan gambaran pengaduan masyarakat khususnya bidang pendidikan.

Ia berharap dengan program Ombudsman di Passikolang ini bisa mengurangi jumlah praktik maladmninistrasi yang terjadi, khususnya di sekolah.

Menurut dia, komite sekolah juga berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan serta mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

"Dengan perbaikan mutu maka pelayanan semakin bagus dan tentu maladministrasi juga dapat ditekan, memperbaiki pelayanan sekolah bukan hanya tugas guru namun semua pihak termasuk komite sekolah," katanya.

Kepala SMK Negeri 1 Kabupaten Polewali Drs. Mustari, MPd, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ombudsman Sulbar yang menyelenggarakan sosialisasi pelayanan publik di sekolah kami.l dan program Ombudsman di Passikolang juga untuk memahami tugas dan fungsi Ombudsman

Ia iuga berharap pola pikir warga sekolah, khususnya terkait dengan hak dan kewajiban sebagai penyelenggara layanan publik di bidang pendidikan, bisa memahami lebih jauh tentang Ombudsman.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024