Makassar (ANTARA) - Sebanyak enam orang mahasiswi Konsentrasi Jurnalistik, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menjalani praktik lapang (internship) di Perum LKBN ANTARA Biro Sulawesi Selatan, selama sebulan penuh pada Juli 2020.

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Anwar Maga berpesan kepada para mahasiswa peserta praktik lapang atau magang agar dapat memaknai seluruh rangkaian kegiatan selama beraktifitas di Kantor media nasional milik pemerintah.

"Ilmu yang kalian dapat di sini relatif beda dengan di kampus, karena ini adalah pengetahuan praktis terkait pengalaman selama menjadi wartawan," ujar Anwar pada kegiatan itu, Kamis.

"Perbanyak kosa kata agar mudah membuat berita. Jangan berhenti belajar, teruslah membaca agar mudah menghasilkan karya jurnalistik," tambahnya.

Anwar pun mengingatkan para mahasiswi tersebut terkait ilmu jurnalistik yang dapat menjadi bekal di masa depan setelah menamatkan pendidikan, terutama untuk mencari pekerjaan. Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Anwar Maga  memberi pesan kepada para mahasiswi magang dari UMI Makassar (ANTARA/Amran)
Selama sebulan magang, para mahasiswi dibekali pengetahuan praktis tentang cara meliput berita, mulai dari mengumpulkan bahan atau materi tulisan hingga menghasilkan karya jurnalistik, baik berita langsung (Strigth news) maupun berita berkedalaman (Feature) dan berita investigasi (Investigative reporting).

Sementara, Shafira yang mewakili rekannya mengucapkan terima kasih karena bisa magang di Kantor Berita Antara, karena banyak kantor tidak terima mahasiswa magang karena pandemi COVID-19.

"Terima kasih kepada Pak Anwar yang telah membimbing kami, mulai membuat berita, feature dan investigasi," kata Shafira dengan terbata-bata karena terharu.

Selain Shafira, mahasiswa magang lainnya yaitu Novita Sari, Ramona, Nur Fadillah, Nur Hasmah, dan Maya Sari.

Selama magang karya jurnalistik mahasiswa ditayangkan di kanal berita ANTARA yakni https://makassar.antaranews.com. Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Anwar Maga menerima cinderamat dari mahasiswi magang UMI Makassar  saat penarikan di Ruarg Rapat ANTARA Biro Sulselbar, Kamis (30/7/2020).  (ANTARA/Amran)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024