Makassar (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara XIV siap memproduksi gula kemasan lokal yang diberi label Gulata untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di Sulawesi Selatan.

Dirut PT Perkebunan Nusantara Ryan Wisnuardhy mengatakan hal itu saat menemui Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah di Kantor Gubernur di Makassar, Rabu.

“Kami pun juga akan terjun ke dunia retail dengan membuat gula merek lokal namanya Gulata," katanya.

"Saya sudah sampaikan kalau gula di Gubernuran harusnya (menggunakan) Gulata, nantinya ini akan mengangkat kebanggaan lokal disini, bahwa kita punya produk lokal yang bisa membanggakan,” lanjut dia.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengakui pihaknya segera mengoperasikan Pabrik Gula Bone (PGB) untuk meningkatkan produksi dan memenuhi kebutuhan gula di Sulawesi Selatan.

Dirut PT Perkebunan Nusantara Ryan Wisnuardhy mengatakan pihaknya memiliki tiga pabrik untuk memproduksi gula, dimana dua diantaranya yakni cabang giling Kabupaten Takalar dan Pabrik Gula Camming (PGC) sudah berproduksi dan satu lainnya di Kabupaten Bone direncanakan giling perdana pada 9 Agustus 2020.

“Pada intinya Pak Gubernur Sulsel sangat mendukung PT PN XIV. Beliau juga kalau bisa akan dijadwalkan hadir dalam giling perdana nanti 9 Agustus 2020,” jelasnya.

Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, menyampaikan PT PN harus bisa menyediakan kebutuhan gula untuk Sulsel, dan bahkan Indonesia bagian timur.

“Kalau bisa bukan hanya untuk kebutuhan di Sulawesi Selatan saja, tapi kalau bisa untuk Indonesia bagian timur,” ujarnya.

PTPN XIV merupakan sebuah perusahaan Perkebunan dengan wilayah kerja di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, NTT, Maluku, dan Maluku Utara.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024