Mamuju (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat memantau kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam menjalankan tugas Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

"Kami melakukan pemeriksaan kinerja PPDP yang telah melakukan Coklit pemuktakhiran data pemilih menghadapi pilkada ini," kata anggota KPU Kabupaten Mamuju, Asriani, di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, monitor kinerja PPDP dilakukan dengan metode sampling sebanyak lima persen dari total Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Mamuju yang berjumlah 736 TPS.

Menurut dia, TPS yang dilakukan monitor dian tanya di Kecamatan Tapalang sebanyak dua TPS, Kecamatan Tommo sebanyak lima TPS, Kecamatan Papalang dua TPS.

Jemufian, Kecamatan Sampaga lima TPS, Kecamatan Kalukku delapan TPS, Kecamatan Simboro tujuh TPS, serta Kecamatan Mamuju sebanyak delapan TPS,

Pemilihan sampel TPS didasarkan pada jumlah pemilih yang kompleks, TPS yang berbatasan dengan Kabupaten lain, kondisi geografis yang sulit,

Selain itu, pada TPS PPDP yang memiliki kesulitan dalam proses Coklit, serta TPS yang berada pada penduduk yang padat, TPS terjauh, dan PPDP yang dianggap bermasalah.

Ia mengatakan, KPU Mamuju memastikan kinerja PPDP di tahap pemutakhiran data pemilih ini bisa maksimal.

"Untuk Kecamatan Bonehau, Kalumpang serta Kecamatan Bala Balakang telah lebih dulu di monitor KPU Mamuju," ujarnya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024