Makassar (ANTARA) - Organisasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan layanan wifi gratis untuk mendukung dunia pendidikan di masa pandemi COVID-19 dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

"Layanan wifi gratis ini juga diperuntukkan bagi siswa yang terkendala internet selama mengikuti sekolah dengan proses belajar secara daring," ujar Ketua PW GP Ansor Sulsel Rusdi Idrus di Makassar, Rabu.

Gerakan wifi gratis tersebut, kata dia, merupakan gerakan nasional yang diamanahkan Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi bangsa.

Selain itu, kegiatan ini sebagai bagian dari penyambutan hari kemerdekaan. Meski di tengah pandemi, dunia pendidikan juga harus merdeka dan itu telah menjadi kewajiban warga negara mendukungnya.

Sedangkan untuk titik wifi atau hospot layanan internet tersebar di 31 titik se-Sulsel yang mudah diakses bagi siswa sekolah. Setiap titik wifi ada narahubung yang bertanggung jawab untuk memberikan layanan itu dan tidak dibebankan biaya.

"Layanan wifi gratis dapat diakses masyarakat di sekretariat GP Ansor pada 24 kabupaten dan kota di Sulsel. Kami juga menyiapkan komputer yang bisa digunakan siswa dan masyarakat mengakses internet. Sehingga layanan peduli bagi generasi bangsa ini bisa bermanfaat," katanya.

Gerakkan ini lahir, melihat fenomena di sejumlah daerah banyak siswa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring maupun mengerjakan tugasnya melalui jaringan internet.

Ia menambahkan kegiatan ini menyambut hari Kemerdekaan serta sebagai ungkapan rasa syukur GP Ansor bisa berbuat kebaikan di tengah kondisi sulit saat ini.

"Kami juga memberikan tambahan nutrisi untuk para siswa yang datang mengakses layanan wifi gratis.

Khusus di Sulsel, GP Ansor menyiapkan susu gratis bagi 10 orang pelajar setiap jam belajar selama 17 hari. Kita akan mulai Kamis besok, 13 Agustus 2020," tambah Rusdi.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024