Bantaeng (ANTARA) - Bupati Bantaeng Ilham Azikin mengatakan sejak wabah COVID-19 melanda Indonesia gerakan Pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangan viruscorona disease (COVID-19).

"Dimulai dari hal-hal kecil bagi anggota pramuka itu sendiri, seperti mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila bepergian keluar rumah, dan menjaga jarak di keramaian," kata Ilham selaku Inspektur Upacara Apel Besar peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 tingkat Kabupaten Bantaeng, Jumat.

Bupati yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bantaeng ini pada kesempatan itu membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Menurut dia, janji yang ditunaikan anggota pramuka melalui berbagai kegiatan penanggulangan wabah pandemi COVID-19 merupakan bukti eksistensi bahwa gerakan pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta.

Dia berharap ke depan organisasi ini dapat lebih diperhatikan, agar gerakan pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting  dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini mengusung tema "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara".

Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Dandim 1410 Bantaeng Letkol Czi Tambohule Wulaa, Kapolres Bantaeng AKBP Wawan Sumantri, Kajari Bantaeng Dedyng Atabay, Kepala Kantor Kementerian Agama Bantaeng H Muh Yunus, para Asisten, serta para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.(*/Adv)

Pewarta : Surya
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024