Gowa (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan akan menggelar apel bersama dengan semua unsur untuk peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Jumat, mengatakan edukasi berkelanjutan terus dilakukan oleh pihaknya hingga tingkat desa dan kelurahan dengan menggandeng semua unsur di tingkat terbawah.

"Kita tidak pernah berhenti melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Bahkan tripika di kelurahan atau desa rutin melakukan sosialisasi penggunaan masker dan mengajak untuk menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Ia mengatakan apel bersama yang akan digelarnya bersama unsur TNI dan Polri juga menindaklanjuti apa yang menjadi pembahasan dalam Rapat Kordinasi Khusus (Rakorsus) yang diikutinya beberapa waktu lalu bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Adnan menyatakan pemberian sanksi kepada masyarakat yang tidak taat terhadap aturan protokol kesehatan penting dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang pendisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Ini akan kita tindaklanjuti di tingkat kabupaten dengan melakukan apel untuk melaksanakan disiplin kepada para pegawai," katanya.

Walaupun demikian, beberapa waktu lalu orang nomor satu di Gowa itu mengatakan, selama ini sejumlah kebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam upaya penanganan COVID-19 sudah sejalan dengan yang tertuang dalam inpres tersebut. Sosialisasi penggunaan masker yang diikuti dengan pembagian masker kepada masyarakat.

Kemudian pembuatan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 25 tahun 2020 tentang wajib masker yang saat ini digodok menjadi peraturan daerah (perda) dan sementara dilakukan pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa.

"Sebelum instruksi presiden ini turun, kita sudah lakukan dan sudah kita pikirkan ini di Kabupaten Gowa. Oleh karena itu, sisa implementasinya agar sesuai dari harapan Bapak Presiden dan harapan dari Bapak Menteri Dalam Negeri," ucapnya.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024