Makassar (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya menyerahkan rekomendasi kepada 10 bakal pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Selatan 9 Desember 2020.

"Penyerahan rekomendasi sudah rampung untuk Pilkada di Sulsel, mengingat kursi  PKB minus di dua kabupaten Toraja dan Toraja Utara," ujar Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad di Makassar, Selasa.

Menurut dia, kandidat yang diusung pada 10 daerah dari total 12 kabupaten kota yang menyelenggarakan Pilkada sudah menerima rekomendasi tersebut di Jakarta. Selain itu, para pasangan kandidat juga telah menandatangani Pakta integritas sebagai komitmen menjadi kepala daeeah yang amanah.

"Seluruh bakal pasangan calon yang diusung PKB harus benar-benar memperhatikan kepentingan masyarakat Sulawesi Selatan, mensejahterakan dan menjalankan visi politik PKB yaitu Politik Rahmatan Lil Alamin. Pakta integritas ini adalah sebagai bentuk komitmen mereka kepada rakyat," ujar Ketua Fraksi PKB di DPRD Sulsel itu. 

Sementara Sekertaris Fraksi PKB DPRD Sulsel, Fauzi A Wawo menambahkan, dengan diterimanya rekomendasi B.1-KWK, maka semua mesin Partai mulai dari DPW PKB, DPC PKB sampai ketingkat TPS untuk bahu membahu memenangkan usungan kandidat PKB.

Sebelumnya, DPP PKB menyerahkan formulir model B.1-KWK sekaligus dirangkaikan dengan penandatanganan Pakta Integritas secara serentak bagi bakal calon kepala daerah di Sulsel yang diusung maju dalam Pilkada 2020 di Jakarta.

Penyerahan rekomendasi tersebut oleh Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid, dihadiri Wakil Ketua Umum DPP PKB Ida Fauziyah, Sekjend DPP PKB M Hasanuddin Wahid, Ketua Desk Pilkada DPP PKB Faisol Riza dan Wakil Bendahara Umum DPP PKB Bambang Susanto.

Sementara untuk pengurus Dewan Pimpinan Wilayah masing-masing Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad, dan Wakil Ketua Desk Pilkada PKB SulSel Fauzi A Wawo.

Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Faisol Riza, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa kontrak komitmen atau Pakta Integritas ini dibuat sebagai salah satu tolak ukur bahwa bila PKB memenangkan Pilkada 2020, maka memiliki kepedulian kepada rakyat dan memajukan daerah masing-masing sebaik mungkin.

Untuk pasangan kandidat usungan PKB yang menerima rekomendasi yakni,  Kabupaten Maros (Tadjimin - Havid), Kabupaten Bulukumba (Tomy Satria - Andi Makassau), Kota Makassar (Syamsu Rizal - Fadli), Kabupaten Gowa (Adnan - Kr. Kio) Kabupaten Soppeng (A. Kaswadi - Lutfi Halide).

Selanjutnya, Kabupaten Barru (Mudassir - Aksah), Kabupaten Luwu Utara (Muh. Tahar Rum - Rahmat Laguni), Kabupaten Luwu Timur ( Muh. Thoriq Husler - Budiman), Kabupaten Pangkep (Rahman Assegaf - Rahmat Muhayyang) dan Kabupaten Selayar (Zainuddin - Aji Sumarno).

 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024