Gowa (ANTARA) - Pelaksanaan sensus penduduk secara dalam jaringan (daring/online) untuk pertama kalinya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang dilaksanakan pada 15 Februari hingga 29 Mei ini berhasil melampaui dari target nasional yaitu 18,12 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, Usman di Gowa, Senin, mengatakan capaian sensus daring yang dilakukan warga di Kabupaten Gowa berhasil melampaui target nasional yakni 16,66 persen.

"Jumlah penduduk Kabupaten Gowa yang ikut sebanyak 142.167 orang ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk online. Itu artinya sekitar 18 persen dari total penduduk ikut sensus penduduk secara online, sementara target nasional hanya 16,66 persen," ujarnya.

Atas prestasi yang ditorehkan ini, Kabupaten Gowa menerima penghargaan dari BPS Nasional sebagai kabupaten dengan capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online dan penghargaan kepada Bupati Gowa atas dukungan dalam melampaui target pelaksanaan sensus online di Kabupaten Gowa.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BPS Kabupaten Gowa, Usman kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

"Sensus online yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, kebanyakan masyarakat perkotaan yaitu Somba Opu dan Pallagga karena berkait dengan jaringan," katanya.

Usman menambahkan, selain sensus penduduk secara online, sensus secara manual atau offline juga akan dilaksanakan pada 1 September selama satu bulan. Sensus ini akan mendata masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk secara online.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang ikut dalam rapat koordinasi itu mengaku senang karena tingkat kesadaran masyarakat dalam mendata diri dan anggota keluarganya cukup tinggi.

"Yang pasti, kami ingin berterima kasih kepada masyarakat tentunya karena apapun program yang ingin dilaksanakan jika tidak mendapat dukungan masyarakat, maka itu tidak akan maksimal," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024