Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kehutanan mendorong data base perhutanan sosial secara lengkap di daerah tersebut dalam mendukung kerja-kerja dinas terkait.

“Tentu saja, data base yang ada nantinya harus update dan terintegrasi,” kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel Andi Parenrengi dalam keterangannya di Makassar, Rabu.

Ia menjelaskan, pihaknya memang senantiasa mendorong dilaksanakannya kegiatan atau program yang bisa mendukung kerja-kerja khususnya di lingkup dinas kehutanan.

“Termasuk menggagas pembuatan database perhutanan sosial yang sudah kami diskusikan pada acara coffee morning,” ujar Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perhutanan Provinsi Sulsel itu.

Dia menambahkan, salah satu program lainnya yang dilaksanakan adalah kegiatan inovasi hasil kerja sama antara Pokja PS Sulsel bersama BPSKL tahun 2020 berupa rekrutmen pendamping PS Local Champ

Kadis DPLH Sulsel Andi Hasdullah mengatakan perhutanan sosial harus diperkuat untuk menjaga pelestarian lingkungan, khususnya di wilayah perhutanan sosial.

Bagaimana bisa memberdayakan komunitas masyarakat pengelola perhutanan sosial itu sehingga dalam masyarakat muncul rasa memiliki, mereka menjaga perhutanan miliknya," katanya.

"Mereka mendapat hasil dan perbaikan ekonomi dari perhutanan sosial yang mereka jaga dan pelihara sendiri yang ujungnya adalah masyarakat itu menyatu dengan kawasan perhutanan sosial sekitarnya," ujar Hasdullah.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024