Bantaeng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (PPKB) menggelar sosialisasi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Keluarga Berencana berbasis kearifan lokal.

"Kita semua berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk melakukan perencanaan berkeluarga yang lebih baik, merencanakan usia kawin yang ideal, kehamilan dan kelahiran yang sehat," kata Sekretaris Daerah Bantaeng Abdul Wahab saat membuka sosialisasi KIE KB di ruang pertemuan Dinas PPKB, Bantaeng, Kamis.

Selain itu, menjadi peserta KB jangka panjang meningkatkan ketahanan dan ekonomi keluarga, yang pada akhirnya terwujudlah keluarga dan masyarakat yang berkualitas dan sejahtera.

Sekda pada kesempatan itu  membacakan sambutan Bupati Bantaeng, menyambut baik kegiatan tersebut sebagai upaya bersama meningkatkan kuantitas dan kualitas KIE yang  tentunya harus dilakukan penyesuaian secara bijak dengan beragam kearifan lokal, budaya dan adat istiadat masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AP2KB Sulawesi Selatan Hj Fitriani Zainuddin menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi berkomitmen untuk mendukung dan berperan dalam meningkatkan capaian Program Bangga Kencana di Kabupaten, salah satunya melalui kegiatan Sosialisasi KIE berbasis kearifan lokal.

"Diharapkan para peserta dapat memahami betul bagaimana melaksanakan tugas dalam memberikan KIE-KB yang efektif," tuturnya.

Sosialisasi bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi yang diberikan kepada masyarakat atau pasangan usia subur (PUS) oleh PLKB tentang program KB, baik melalui komunikasi interpersonal, kelompok maupun menggunakan media seperti buku dan sosial media.

Pemkab Bantaeng melalui  Dinas PPKB terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para PLKB kontrak dan seluruh Kader IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) sebagai ujung tombak pelaksanaan Program Bangga Kencana bersama Penyuluh KB.

Turut hadir pada kegiatan itu antara lain Prof Arlin Adam selaku narasumber, Kepala Dinas PPKB Bantaeng Abdi Sam, Kepala Bidang Pengendalian KB DP3AP2KB Sulsel Andi Tenriola serta pejabat struktural dan staf lingkup DPPKB Bantaeng. (*/Adv)

Pewarta : Surya
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024