Makassar (ANTARA News) - Delapan provinsi di Indonesia ikut meramaikan kegiatan Celebes Fair yang digelar di gedung Celebes Convention Center Makassar, 27-31 Oktober 2010.

Kepala Bidang Promosi Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Sulsel Sukarniaty Kondolele mengatakan ke delapan provinsi tersebut antara lain Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Bali, Banten dan Jawa Timur.

Jumlah peserta pameran bertema mewujudkan Sulsel sebagai pilar ekonomi nasional ini total sebanyak 110 peserta termasuk perbankan dan Badan Usaha Milik Negara.

Sekitar 60 persen dari peserta merupakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Khusus peserta UMKM diberikan potongan harga anjungan sebesar 50 persen.

"Diharapkan kegiatan ini dapat memberi kontribusi positif pergerakan ekonomi daerah," ujarnya.

Sekretaris Provinsi Sulsel A.Muallim yang membuka pameran ini mengharapkan pada penyelenggaraan berikutnya 24 kabupaten dan kota dapat mengikuti pameran ini.

"Tahun depan diperintahkan 24 kabupaten bukan diimbau dan harus ikut," tambahnya.

Pameran ini ditargetkan akan mencatat transaksi tidak kurang dari Rp1 miliar dengan target pengunjung sebanyak 50 ribu orang.

Diharapkan, pameran ini akan terus berkembang dan bisa menjadi sekelas Jakarta Fair untuk wilayah Indonesia timur dan rencananya akan digelar setahun sekali setiap hari ulang tahun provinsi.

Sesuai arahan gubernur, pameran yang pertama kalinya digelar ini akan menjadi kegiatan pameran inti untuk menyatukan seluruh pameran yang selama ini digelar secara parsial.

Rencananya, waktu penyelenggaraan akan terus ditambah setiap tahunnya menyusul saran dari peserta di luar Makassar yang memperhitungkan untung rugi jika pameran hanya digelar lima hari
Pameran ini dikemas dengan konsep "expotainment" atau dengan konsep menyeimbangkan kegiatan pameran dengan kegiatan lainnya seperti mengelar lomba-lomba kreatif, mengisi panggung hiburan dengan grup musik, salah satunya Cokelat.

Pengunjung yang datang ke pameran tidak dipungut biaya bahkan panitia menyiapkan fasilitas transportasi, "shuttle bus" untuk mengantar pengunjung ke lokasi pameran. (T.KR-RY/S006)

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024