Makassar (ANTARA) - Para kandidat pilkada di sejumlah kabupaten di Sulawesi Barat menjalani tes kesehatan dan psikologi yang digelar di PCC Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis.

Dari empat kabupaten di Sulawesi Barat yang melaksanakan pilkada, ada tiga kabupaten yang mengikuti tahapan tes kesehatan hari ini yakni Kabupaten Pasangkayu, Mamuju dan Majene.

Sedangkan untuk kabupaten Mamuju Tengah, harus dilakukan penambahan jadwal pendaftaran karena hingga saat ini baru pasangan petahana Kabupaten Mateng, Aras Tammauni- Amin Jasa yang secara resmi mendaftar di KPU setempat.

Dengan demikian, berdasarkan aturan PKPU maka di daerah itu mutlak diadakan penambahan waktu masa pendaftaran.

Berdasarkan pemantauan di Gedung PCC lantai 17 RS Wahidin, para kandidat dari Kabupaten Pasangkayu, Mamuju dan Majene, terlihat hadir menjalani tes psikologi yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wita.

Khusus untuk kandidat dari Kabupaten Majene, pasangan Andi Sukri Tammalele bersama balon wakil bupati Arismunandar Kalma, langsung memasuki gedung tempat pelaksanaan tes psikologi.

Sementara saingannya yang juga calon petahana, Fahmi Massiara terlihat datang dengan menggunakan kursi roda bersama dengan kerabat yang ikut menemani menuju gedung tersebut.

Pemeriksaan ini dalam rangka kelanjutan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon yang digelar pada tanggal 4 – 6 September 2020 di Kantor KPU lalu.

“Sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, menyebutkan jika pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon dilakukan dari tanggal 4 – 11 september 2020," kata ketua tim koalisi Kerja Untuk Perubahan pasangan Ast-Aris Kalma, Basri Malliingan di Makassar.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024