Mamuju (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Barat bersama Korem 142 Tatag dan Pemprov  setempat membagikan satu juta masker gratis kepada masyarakat di daerah itu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulbar Ajun Komisaris Besar Polisi Syamsu Ridwan, Kamis mengatakan pembagian satu juta masker itu sebagai bagian dari kampanye penggunaan masker yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

"Pembagian satu juta masker yang dilakukan di Sulbar hari ini, sebagai bagian kampanye penggunaan masker yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia," kata Syamsu Ridwan.

"Kampanye penggunaan masker ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan kepedulian masyarakat khususnya di Sulbar, untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19," tambahnya.

Apalagi lanjut Kabid Humas, ada empat kabupaten di Sulbar akan menggelar pesta demokrasi, yakni pemilihan bupati dan wakil bupati.

"Hal tersebut harus menjadi perhatian seluruh masyarakat untuk berperan serta dalam mensukseskan pilkada, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan agar tidak tercipta klaster baru pilkada," ujarnya.

"Hari ini Polda Sulbar, Korem 142 Tatag, Pemprov Sulbar dan seluruh stakeholder bersama-sama mengkampanyekan penggunaan masker. Kami berharap seluruh masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik, khusunya menjelang pilkada agar tidak tercipta klaster baru," jelas Syamsu Ridwan.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah bersama TNI dan Polri, memberi perhatian serius dan berkomitmen untuk memerangi penyebaran COVID-19.

"Namun, keberhasilan dan kemenangan dalam melawan virus ini akan tercapai apabila seluruh masyarakat dapat menjalankan protokol kesehatan dengan baik, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, sesering mungkin mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer," ujar Syamsu Ridwan.

Kampanye penggunaan masker juga dilakukan di Kabupaten Pasangkayu.

Kapolres Mamuju Utara AKBP Leo H Siagian mengatakan, pembagian masker yang dilakukan bersama Kodim Pasangkayu dan pemerintah kabupaten tersebut dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kegiatan ini juga dilakukan di Polsek dan Koramil di Kabupaten Pasangkayu. Untuk hari ini, kami membagikan 2.000, yakni masing-masing 1.000 masker dibagikan oleh polres dan kodim. Sedangkan polsek dan koramil di empat wilayah, masing-masing membagikan 250 lembar," kata Leo H Siagian.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024